Ilustrasi lap dapur.
Ilustrasi lap dapur. ( DOK.SHUTTERSTOCK/New Africa)

Pakai Sabun Cuci, Berikut 3 Cara Bersihkan Lap Dapur yang Bau Tengik

8 November 2023 21:10 WIB

SonoraBangka.id -  Lap dapur punya fungsi untuk membersihkan percikkan air, kaldu, hingga minyak di sekitar kompor, westafel, atau sudut dapur.

Hal tersebut membuat lap dapur sering kali memiliki bau tengik yang tidak enak. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba ikuti untuk menghilangkan bau dan noda menempel pada kain tersebut.

Gunakan cuka

Dilansir dari laman The kitchn, kamu bisa menyiapkan bahan seperti cuka dan sabun cuci piring. Siapkan alat untuk panci dan sendok. Pastikan panci cukup untuk dimasukkan lap dapur dan air.

Campurkan sekitar satu atau dua sendok teh sabun cuci piring dan setengah cangkir cuka. Aduk hingga sabun dan cuka tercampur menjadi satu.

Masukkan beberapa kain lap ke dalam wadah Rebus selama 10-15 menit. Matikan api kompor dan angkat satu per satu kain yang direbus. Jemur di bawah sinar matahari agar baunya hilang seketika.

Gunakan garam dan cuka

Ditambahkan dari laman Food NDTV, kamu bisa menggunakan campuran garam dan cuka. Siapkan air panas, kemudian campurkan garam dan cuka. Masukkan lap dapur kemudian diamkan selama satu malam. Bilas dengan air bersih, peras airnya, dan biarkan meresap di bawah sinar matahari.

Tambahkan dengan disinfektan

Kamu bisa menggunakan bahan disinfektan dari toko terdekat kemudian taburan pada lap dapur yang bau tengik. Cara ini bisa membantu untuk membunuh kuman dan menambah aroma segar pada lap dapur. Lakukan cara ini selama dua kali dalam satu minggu agar kain bersih.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Bersihkan Lap Dapur yang Bau Tengik, Cukup dengan Sabun Cuci?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/23/131100975/3-cara-bersihkan-lap-dapur-yang-bau-tengik-cukup-dengan-sabun-cuci-.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm