Ilustrasi es batu bening.
Ilustrasi es batu bening. ( SHUTTERSTOCK/DOVZHYKOV ANDRIY)

Bekal Bikin Es Teh, Berikut 2 Tips Membuat Es Batu Sebening Kristal

8 November 2023 21:27 WIB

SonoraBangka.id - Es batu bening atau disebut es batu kristal biasanya dijual di pasaran dengan bentuk pipa atau bulat untuk bikin beragam minuman seperti es teh, es kopi, dan jus.

Sebenarnya, kamu bisa bikin sendiri es batu di rumah, bermodalkan air matang dan freezer tetapi kadang tidak bening melainkan agak butek. Menurut Marthastewart.com, es batu yang butek umumnya disebabkan oleh udara yang terperangkap dan kotoran, seperti mineral atau bahan organik.

Saat air membeku, awalnya cenderung jernih, karena kisi kristal yang terbentuk mendorong udara menjauh dari titik beku ke tengah kubus es. Inilah sebabnya es batu yang dibuat dalam cetakan cenderung lebih keruh tengahnya dan lebih bening pada tepinya.

Walau es batu terlihat butek dan kurang menarik secara estetika tetapi es ini aman dikonsumsi asal cara bikinnya tepat. Lantas, bagaimana cara bikin es batu bening? Simak ulasan berikut.

1. Gunakan air suling panas

Berdasarkan Marthastewart.com, es batu dapat dibuat menggunakan jenis air apa saja baik yang sudah difilter maupun belum difilter asalkan air layak minum, bersih, dan segar. Sementara itu, Food Network telah melakukan percobaan membuat es batu kristal menggunakan empat jenis air.

Mereka membekukan air keran, air sulingan panas, air sulingan hangat, dan air sulingan suhu kamar dalam cetakan es batu biasa selama 24 jam. Menurut percobaan itu, es batu dari air suling panas yang direbus memberikan hasil paling jernih walau tidak sebening kristal.

Terkait penggunaan air keran, lokasi percobaan di negara dengan air keran yang aman diminum langsung. Berbeda dengan air keran di Indonesia yang tidak bisa langsung diminum, sehingga hindari membuat es batu dari air keran karena bisa jadi mengandung bakteri atau kotoran.

Air sulingan bisa didapatkan dengan cara merebus air sampai berubah menjadi uap. Lalu, biarkan uap itu berubah kembali menjadi air. Inilah air destilasi atau sulingan yang tidak mengandung mineral. Jika kesusahan membuat air sulingan, bisa menggunakan air rebusan biasa saja untuk bikin es batu. 

2. Gunakan cetakan es tertutup

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm