Salah satu penyebab pisau cepat tumpul adalah penggunaan alas potong yang tidak tepat. Hindari memakai alas bertekstur keras, seperti batu maupun kaca.
Salah satu penyebab pisau cepat tumpul adalah penggunaan alas potong yang tidak tepat. Hindari memakai alas bertekstur keras, seperti batu maupun kaca. ( SHUTTERSTOCK/Serge Ka)

Tetap Tajam dan Tidak Karatan, Berikut Cara Simpan Pisau yang Benar

9 November 2023 06:27 WIB

SonoraBangka.id - Pisau dapur perlu disimpan dengan hati-hati agar tetap aman dan mudah didapat saat kamu membutuhkannya. Penyimpanan pisau yang baik, dapat menjaga keselamatan dan umur alat-alat pisau.

Kamu dapat memasak dengan lebih efisien dan aman dengan pisau yang terjaga kualitasnya.  Melansir Martha Stewart, menyimpan pisau dapur dan menggabungkannya dengan alat masak lain adalah kurang tepat. 

1. Manfaatkan strip magnetik

Strip pisau magnetik atau blok laci adalah pilihan terbaik untuk menjaga ruang meja dapur tetap bersih. Karena strip pisau magnetik dan blok laci biasanya terpasang di dinding, sehingga tidak perlu menyisihkan ruang meja atau laci tambahan untuk menyimpan pisau. Hal ini membantu mengoptimalkan ruang dapur.

2. Perhatikan kebersihan

Balok pisau kayu (seperti talenan kayu) dapat menjadi tempat berkembang biaknya jamur. Oleh karena itu tempat penyimpanan pisau terbaik adalah di dalam blok laci atau strip magnetis. Pisau yang disimpan pada strip magnet juga dapat menarik percikan makanan tergantung pada seberapa dekat batang magnet dengan area makanan.

3. Pilih blok dengan fitur asah pisau

Carilah blok penyimpanan yang dirancang khusus untuk melindungi dan mempertajam koleksi pisau. Dengan blok penyimpanan yang sesuai, pisau akan tetap dalam kondisi terbaik dan melindungi dari kerusakan dan bahaya potensial.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Simpan Pisau yang Benar agar Tetap Tajam dan Tidak Karatan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/08/214707575/cara-simpan-pisau-yang-benar-agar-tetap-tajam-dan-tidak-karatan?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm