Bullying di sekolah bisa menyebabkan anak merasa cemas, stres, depresi hingga tindakan ekstrem seperti bunuh diri.
Bullying di sekolah bisa menyebabkan anak merasa cemas, stres, depresi hingga tindakan ekstrem seperti bunuh diri. ( Pexels)

Anak Jadi Pelaku Bully, 5 Hal Penting yang Perlu Dilakukan Orang Tua

10 November 2023 13:42 WIB

SonoraBangka.id - Kini, kasus perundungan atau bullying masih terjadi di lingkungan sekolah dan menjadi masalah cukup serius dalam dunia pendidikan.

Kadang, pelaku perundungan tidak menyadari bahwa dirinya sudah pernah melakukan tindak bullying kepada temannya sendiri, sehingga menyakiti perasaan maupun fisik korban.

Beberapa tindakan perundungan di kalangan anak-anak yakni mengganggu atau membuat perasaan tidak nyaman.

Bisa dengan menghasut orang lain untuk membenci seseorang, berbicara seenaknya atau menjelek-jelekkan orang lain di belakang, menghina, menyindir, bahkan melakukan tindak kekerasan seperti mendorong, memukul, menampar, menjambak, menendang atau melempari seseorang.

Masalah perundungan yang terjadi pada anak-anak sekolah perlu mendapat perhatian khusus dari banyak pihak, terutama orangtua dan pihak sekolah.

Orangtua berperan sangat penting dalam mendidik anak-anak mereka, termasuk membentuk karakter dan masa depan anak-anaknya.

Sebagai orangtua, perlu mengenali dan mengamati perubahan sikap anak-anak.

Apabila anak kita telah menjadi pelaku perundungan, maka harus segera mencari solusi agar anak tersebut mampu menghentikan sikap yang merugikan itu.

Direktorat SMP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) membagikan lima hal penting yang perlu dilakukan oleh orangtua ketika menemukan anak-anak sebagai pelaku perundungan.

5 Hal penting dilakukan oleh orangtua bagi anak pelaku perundungan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm