Kopi hitam(samer daboul)
Kopi hitam(samer daboul) ( KOMPAS.COM)

6 Masalah Kesehatan akibat Terlalu Banyak Minum Kopi Hitam Berdasarkan Sains

14 November 2023 17:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Secangkir kopi hitam panas menjadi suguhan yang menyegarkan di pagi hari. 

Kebanyakan orang akan mengonsumsi kopi hitam yang hanya diseduh tanpa tambahan bahan seperti gula, susu, krim, atau perasa lain.

Walaupun rasanya sedikit pahit dibandingkan kalau dibumbui dengan bahan tambahan, banyak orang menyukai secangkir kopi hitam yang kental.

Selain itu, kopi hitam tanpa tambahan bahan pemanis memiliki manfaat dalam menurunkan berat badan, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, serta risiko diabetes, dikutip dari Healthifyme (9/5/2023).

Namun demikian, kopi hitam memiliki kandungan kafein dan asam yang cukup tinggi. Sehingga untuk sebagian orang hal ini mungkin akan menimbulkan efek samping.

Lantas, apa saja masalah kesehatan yang bisa timbul akibat terlalu banyak minum kopi hitam?

Efek samping terlalu banyak minum kopi hitam bagi kesehatan

1. Picu kecemasan dan stres

Terlalu banyak minum kopi hitam dapat memicu tubuh melepaskan hormon stres terlalu banyak. Akibatnya, ini akan berdampak pada kecemasan dan stres seseorang.

Kondisi ini kemudian bisa membuat seseorang menjadi mudah gelisah dan marah.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm