Ilustrasi mencuci telur.
Ilustrasi mencuci telur. ( Shutterstock/DG FotoStock)

Jangan Cuci Sebelum Simpan, Berikut 6 Kesalahan Simpan Telur

14 November 2023 18:20 WIB

SonoraBangka.id -  Perhatikan ulang kebiasaan menyimpan telur di rumah. Bisa jadi, cara yang dilakukan salah. Ada beberapa cara menyimpan telur yang salah. Akibatnya, bakteri bisa masuk dan memicu salmonela.

Dilansir dari Real Simple, simak kesalahan menyimpan telur dan cara mengatasinya berikut ini.

1. Mencuci telur

Telur tidak boleh dicuci karena bisa membuka pori-pori cangkang dan membuat bakteri masuk melalui kulit tersebut. Risiko kontaminasi bisa kian tinggi dan membuat telur kurang aman dikonsumsi setelah dicuci.

2. Tidak memperhatikan suhu telur 

Penting untuk menjaga suhu penyimpanan telur. Bila sebelumnya kamu mengambil telur dari kulkas di supermarket, lanjutkan dengan menyimpannya di kulkas rumah.

Sebab, perbedaan suhu penyimpanan bisa menimbulkan kekhawatiran akan salmonela, bakteri penyebab diare, demam, dan kram telur. 

3. Tidak mengatur suhu kulkas dengan benar

Bukan sekadar menyimpan telur di kulkas, kamu juga perlu memerhatikan suhu tepatnya agar tidak salah. Setidaknya, suhu kulkas harus diatur di angka empat derajat celsius atau lebih rendah dan disimpan di bagian terdingin kulkas.

4. Tetap menyimpan telur retak

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm