Stroberi
Stroberi ( pexels.com)

15 Makanan yang Baik Dikonsumsi oleh Pengidap Tekanan Darah Tinggi

14 November 2023 18:59 WIB

SonoraBangka.id -  Hipertensi atau tekanan darah tinggi termasuk faktor risiko penyakit jantung yang bisa dicegah. Salah satu cara mencegah tekanan darah tinggi adalah melakukat diet atau konsumsi makanan tertentu.

Perubahan pola makan juga dapat membantu menurunkan tekanan darah sekaligus mengurangi risiko penyakit jantung. Dilansir dari Healthline, simak rekomendasi makanan yang baik dikonsumsi oleh pengidap darah tinggi berikut ini.

1. Jeruk

Buah ini kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi faktor risiko tekanan darah tinggi. Tidak hanya satu jenis, kamu bisa mengonsumsi lemon, jeruk bali, maupun jenis jeruk lainnya dalam bentuk utuh maupun olahan seperti jus.

2. Wortel

Bukan hanya rasanya yang manis dan bertekstur renyah, wortel juga kaya nutrisi dan baik untuk menurunkan tekanan darah. Studi pada 2023 menemukan bahwa ada kemungkinan tekanan darah turun sebanyak 10 persen setiap mengonsumsi 100 gram wortel.

3. Telur 

Protein hewani ini padat nutrisi. Salah satu manfaatnya adalah mengelola tekanan darah optimal. Hal ini dibuktikan melalui studi kepada 2.349 orang dewasa di Amerika Serikat yang mengonsumsi lima butir telur atau lebih per minggu dan dikaitkan dengan tekanan darah lebih rendah.  

4. Tomat

Likopen dalam tomat sangat baik untuk kesehatan jantung. Sebab, mengonsumsi tomat dalam jumlah cukup dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm