Innova Diesel bekas harga Rp 230 jutaan(Dicky Aditya Wijaya)
Innova Diesel bekas harga Rp 230 jutaan(Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Mitos atau Fakta, Mobil Mesin Diesel Tidak Boleh Langsung Dimatikan Usai Dipakai?

14 November 2023 21:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemilik mobil diesel pasti sudah tidak asing lagi dengan larangan mesin tidak boleh langsung dimatikan setelah digunakan.

Beberapa orang percaya bahwa mesin diesel perlu didinginkan sebelum dimatikan, untuk mencegah terjadinya kerusakan.

Tapi, saat ini mobil diesel sudah dilengkapi dengan timer untuk mematikan mesin secara otomatis setelah kunci dicabut, sehingga mesin tidak langsung mati.

Esa, Pemilik Bengkel Denso Esa Diesel mengatakan, untuk mobil diesel yang menggunakan turbo sebaiknya memang harus diberi jeda satu menit atau diberi turbo timer.

“Turbo butuh oli, saat berhenti juga masih bergerak putar bisa 30 detik itu jika tidak ada putaran mesin oli tidak naik atau turbo kemakan rusak,” kata Esa kepada Kompas.com, Senin (13/11/2023).

Sementara, Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept.Head PT. Toyota Astra Motor mengatakan, tidak langsung mematikan mobil diesel memang ada benarnya khususnya yang menggunakan turbo.

“Jadi jika mobil habis digunakan dalam kecepatan tinggi dan diatas dua jam, itu jangan langsung dimatikan karena untuk perawatan ke turbonya, pelumas ke turbonya,” kata Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Apabila mobil diesel tidak menggunak turbo, langsung mematikan mesin saat berhenti tidak terlalu bermasalah. Namun, alangkah baiknya menunggu beberapa saat dulu.

“Sebenarnya kalau mesin diesel yang biasa yang tidak pakai turbo, tidak terlalu bermasalah,” kata Didi.

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak mengatakan, ada baiknya menunggu beberapa detik sekitar 20-30 detik agar sirkulasi pelumas, pendingin, dan lainnya bisa normal kembali.

“Apalagi mesin diesel yang mengadopsi turbo, kalau langsung mematikan mesin dikhawatirkan akan terjadi keausan, sehingga performa mesin menjadi tidak maksimal langi nantinya,” kata Suparna.

Ketika mesin bekerja, terutama dalam kondisi operasional tinggi, suhu mesin dapat meningkat secara signifikan. Sehingga, saat mesin dimatikan langsung, putaran mesin dan aliran oli juga berhenti mendadak serta menyebabkan masalah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, Mobil Mesin Diesel Jangan Langsung Dimatikan Usai Dipakai?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/14/101200615/mitos-atau-fakta-mobil-mesin-diesel-jangan-langsung-dimatikan-usai-dipakai-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm