Ilustrasi teh jahe lemon.
Ilustrasi teh jahe lemon. ( SHUTTERSTOCK/Katarzyna Hurova)

Minuman Hangat Redakan Sakit Tenggorokan,Berikut Resep Root Ginger Tea

15 November 2023 14:23 WIB

SonoraBangka.id -  Jahe boleh dikupas atau tidak untuk membuat teh hangat ini. Namun, pastikan kondisinya benar-benar bersih bila tidak dikupas.

Kelebihan mengupas jahe sebelum merebusnya adalah bisa mendapatkan aroma dan rasa hangat lebih tajam. Teh jahe ini cocok diminum saat musim dingin untuk menghangatkan tubuh dan menghindari penyakit.

Dikutip dari Healthline, jahe mengandung gingerol yang memiliki sifat antiinflaamsi sehingga dapat mengurangi risiko sakit tenggorokan, serta membantu melawan infeksi penyebab sakit tenggorokan.

Tambahkan perasan jeruk nipis atau lemon agar rasanya lebih seimbang dengan sedikit asam.  Dilansir dari The Spruce Eats, simak resep root ginger tea untuk dua gelas berikut ini.

Resep root ginger tea

Bahan:

2 sdm jahe segar 

950 ml air

1 sdm jus jeruk nipis atau lemon segar 

1-2 sdm madu

Cara membuat root ginger tea

1. Siapkan jahe segar, kupas, dan iris tipis-tipis agar aromanya lebih keluar.

2. Masukkan air dan jahe, didihkan setidaknya selama 10 menit. Biarkan mendidih selama 20 menit atau lebih untuk mendapatkan rasa lebih kuat atau gunakan lebih banyak irisan jahe.

3. Angkat dari kompor, saring, dan tambahkan air jeruk nipis dan madu secukupnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Root Ginger Tea, Minuman Hangat untuk Redakan Sakit Tenggorokan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/15/140300775/resep-root-ginger-tea-minuman-hangat-untuk-redakan-sakit-tenggorokan.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm