Ilustrasi daun kale.
Ilustrasi daun kale. ( PIXABAY/ULRIKE LEONE)

Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh, Berikut Ini 9 Manfaat Kale

16 November 2023 07:03 WIB

SonoraBangka.id - Daun kale merupakan keluarga dari brokoli dan kubis, biasanya dijadikan tumisan, keripik, dan gulai. Seperti sayuran lain, daun kale juga memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan, dapat menjaga daya tahan tubuh.

Simak manfaat kale untuk kesehatan berikut ini, dikutip dari majalah "Sedap / ED 08 2016" (2016) karya Sedap terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

1. Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan serat pada kale bisa mengikat empedu dan membuangnya bersama ampas makanan. Empedu berkurang, tubuh memproduksi kembali empedu dengan bahan baku kolesterol. Mekanisme ini menyebabkan kadar kolesterol turun karena digunakan untuk membuat empedu.

2. Mengaktifkan metabolisme energi

Kale tergolong istimewa dalam hal kandungan mineral tembaga. Mineral ini mempunyai banyak fungsi, salah satunya merangsang metabolisme energi. Makan kale bisa membuat kita lebih bertenaga.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Sama seperti brokoli, kale banyak mengandung vitamin C bahkan lebih besar persentasenya dari buah jeruk. Namun, karena kale harus dimasak, sebagian vitamin C ini akan terurai. Masak kale dengan cara dikukus, sehingga kandungan vitamin C masih cukup tinggi untuk ikut menjaga daya tahan tubuh.

4. Antiradang

Kale mengandung mineral mangan yang salah satu fungsinya adalah antiradang. Kale cocok dijadikan menu sehat ketika kita menderita sakit yang disertai radang, misalnya panas, nyeri, alergi, dan asma.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm