Rapat pengarahan oleh menteri dalam negeri (Mendagri) RI dalam rangka menjamin netralitas ASN dalam menghadapi tahun politik melalui zoom meeting, Jumat (17/11/2023) di Smart Room Center (SRC) Kantor Wali Kota Pangkalpinang
Rapat pengarahan oleh menteri dalam negeri (Mendagri) RI dalam rangka menjamin netralitas ASN dalam menghadapi tahun politik melalui zoom meeting, Jumat (17/11/2023) di Smart Room Center (SRC) Kantor Wali Kota Pangkalpinang ( Andini Dwi Hasanah )

Hadapi Tahun Politik, Pj Wali Kota Lusje Ingatkan ASN Pemkot Pangkalpinang Harus Bersikap Netral

18 November 2023 07:28 WIB

SonoraBangka.id - Memasuki tahun politik pemilihan umum serentak 2024, Penjabat (Pj) Kota Pangkalpinang Lusje Anneke Tabalujan mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang tetap menjaga netralitas dan tidak memihak kepada calon tertentu. 

Demikian disebutkan Lusje saat menghadiri pengarahan oleh mentri dalam negeri (Mendagri) RI dalam rangka menjamin netralitas ASN dalam menghadapi tahun politik melalui zoom meeting, Jumat (17/11/2023) di Smart Room Center (SRC) Kantor Wali Kota Pangkalpinang.

Kata Lusje, hal ini sebagai langkah menjaga agar proses demokrasi berlangsung lancar untuk menghindari konflik kepentingan. 

"Saya mengikuti perintah Menteri Dalam Negeri untuk pejabat dan wali kota definitif tidak boleh ikut kontestasi, kita netral. Apalagi saya ASN harus resmi netral," ungkapnya usai mengikuti rapat virtual.

Lusje juga mengimbau agar ASN tidak melakukan pose tertentu saat berfoto, sehingga tidak disalah artikan sebagai bentuk dukungan kepada salah satu partai politik. 

"Maka tolong ingatkan saya juga untuk tidak foto-foto dengan yang tidak yang berkepentingan. Kemudian lambang-lambang yang mengarah kepada satu partai tidak boleh, begitu pun dengan simbol jari kita sudah harus waspada, " jelasnya. 

"Seperti yang disampaikan menteri tadi posenya harus kepal, yang lain tidak boleh apalagi simbol-simbol yang mengarah ke satu partai, " tambahnya.

Tak hanya itu, Direktur Fasilitas Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa pada Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kemendagri itu menyebut, apabila terdapat oknum yang tidak netral, maka akan dikenakan sanksi mulai dari sanksi administratif hingga pemberlakuan hukuman berat. 

Lusje juga menegaskan kepada masyarakat agar tidak segan untuk melaporkan kepada dirinya jika mendapati ASN yang terlibat dalam politik praktis.  

"ASN kalau prosesnya ada teguran administrasi malah sampai pada hukuman. Kalau ada yang kedapatan, lapor ke saya. Saya akan tegur. Nanti ada sanksinya, " paparnya. 


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Pj Wali Kota Lusje Ingatkan ASN Pemkot Pangkalpinang Harus Bersikap Netral Hadapi Tahun Politik, https://bangka.tribunnews.com/2023/11/17/pj-wali-kota-lusje-ingatkan-asn-pemkot-pangkalpinang-harus-bersikap-netral-hadapi-tahun-politik.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm