Para menteri luar negeri yang tergabung dalam organisasi kerja sama islam menyerukan segera diakhirinya konflik Israel-Hamas
Para menteri luar negeri yang tergabung dalam organisasi kerja sama islam menyerukan segera diakhirinya konflik Israel-Hamas ( Istimewa via Tribunnews.com )

Para Pemimpin Negara Islam Serukan Akhiri Perang Israel vs Hamas

20 November 2023 14:55 WIB

SonoraBangka.id - Pemimpin negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) menyerukan gencatan senjata di Gaza dan mendesak Israel-Hamas untuk segera mengakhiri konflik.

Seruan OKI disampaikan dalam pertemuan di Beijing, China pada Senin (20/11/2023)

Delegasi negara-negara OKI diwakili Menteri Luar Negeri.

Para menteri luar negeri negara OKI akan bertemu dengan para pejabat yang mewakili anggota tetap Dewan Keamanan PBB.

OKI juga memberikan tekanan kepada negara-negara Barat untuk menolak pembenaran Israel atas tindakannya terhadap warga Palestina sebagai bentuk pembelaan diri.

Adapun pejabat yang mengadakan pertemuan dengan diplomat top China Wang Yi antara lain berasal dari Arab Saudi, Yordania, Mesir, Indonesia, Palestina dan Organisasi Kerja Sama Islam.

Sebelumnya, para pemimpin yang tergabung dalam organisasi kerja sama islam juga telah mengadakan KTT luar biasa yang diadakan di Riyadh, Arab Saudi beberapa hari lalu.

Para pemimpin tersebut mendesak Pengadilan Kriminal Internasional untuk menyelidiki “kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan Israel” di wilayah Palestina.

Arab Saudi berupaya menekan Amerika Serikat dan Israel agar mengakhiri permusuhan di Gaza, dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, penguasa de facto kerajaan tersebut, mengumpulkan para pemimpin Arab dan Muslim untuk memperkuat pesan tersebut. 

KTT tersebut juga menuntut diakhirinya pengepungan Gaza, akses terhadap bantuan kemanusiaan, dan penghentian penjualan senjata ke Israel.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm