Ilustrasi sambal dabu-dabu khas Manado.
Ilustrasi sambal dabu-dabu khas Manado. ( )

Seperti Bikinan Kiki MasterChef, Berikut Resep Sambal Dabu-dabu

20 November 2023 16:34 WIB

SonoraBangka.id - Sambal dabu-dabu khas Manado menjadi pilihan masakan Kiki MasterChef Indonesia musim 11 untuk dihidangkan kepada prajurit TNI pada episode Sabtu (18/11/2023).

Sambal dabu-dabu buatan Kiki dan timnya disantap bersama olahan tuna yang dikemas secara modern tetapi tetap bercita rasa Nusantara.

Bahan sambal dabu-dabu khas Manado mudah dibeli di pasar seperti bawang merah, tomat sayur, cabai, dan air jeruk nipis. Menariknya, semua bahan sambal dabu-dabu tidak dimasak sehingga cukup dicampur rata dan langsung disajikan.

Biasanya, sambal dabu-dabu dijadikan pendamping makan seafood, paling sering ikan bakar. Namun, cocok juga dimakan bersama seafood lain seperti udang atau cumi. Ingin bikin sambal dabu-dabu? Ikuti resep dari buku "25 Resep Makanan Daerah Manado Dan Sekitarnya" karya Miftah Sanaji terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Resep sambal dabu-dabu

Bahan sambal dabu-dabu

12 buah bawang merah, iris halus

250 gram tomat sayur, potong kotak

12 buah cabai merah, iris halus

2 sdm minyak sayur matang

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm