Akio Toyoda mundur dari jabatannya sebagai Ketua JAMA(Dok. Carscoops.com)
Akio Toyoda mundur dari jabatannya sebagai Ketua JAMA(Dok. Carscoops.com) ( KOMPAS.COM)

Akio Toyoda Lepas Jabatan Sebagai Ketua Asosiasi Produsen Mobil Jepang

23 November 2023 18:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pimpinan Toyota, Akio Toyoda, mundur dari jabatannya sebagai Ketua Asosiasi Produsen Mobil Jepang atau Japan Automobile Manufacturers Association (JAMA). Untuk diketahui, Toyoda sudah menjabat posisi tersebut sejak 2012.

Untuk diketahui, JAMA merupakan salah satu asosiasi otomotif terbesar di dunia. Asosiasi ini tergabung dari 14 produsen dengan jumlah pekerja lebih dari 5,5 juta orang.

Toyoda adalah satu-satunya pejabat yang memimpin industri otomotif Jepang selama tiga kali masa jabatan, diangkat pada tahun 2012, 2018, dan 2022.

Dikutip dari Carscoops.com, Kamis (23/11/2023), Toyoda dikenal karena pandangannya yang berhati-hati dalam adopsi massal mobil listrik dan mobil otonom, dengan mengusulkan pendekatan multi jalur untuk masa depan industri otomotif.

Awal tahun ini, Akio Toyoda mengundurkan diri dari jabatannya yang telah lama dipegangnya sebagai CEO Toyota, walaupun ia tetap mengabdi kepada perusahaan sebagai Chairman. Cucu pendiri Toyota ini juga terkenal sebagai seorang yang gemar mengemudi, dan merupakan tokoh terkemuka di balik departemen Toyota Gazoo Racing.

Tongkat kepimpinan selanjutnya akan diserahkan kepada Masanori Katayama, Isuzu Motors Chairman. Katayama akan efektif menjadi Ketua Jama pada 1 Januari 2024.

Dengan Katayama menjadi Ketua JAMA, maka ini menjadi yang pertama kalinya seorang bos perusahaan truk ditunjuk sebagai pemimpin asosiasi industri otomotif Jepang. Meski demikian, baik Toyoda maupun Katayama sepakat bahwa sektor otomotif akan tetap menjadi industri yang penting bagi Jepang.

Katayama akan didukung oleh para Wakil Ketua termasuk CEO Nissan Makoto Uchida, Honda dengan Toshihiro Mibe, dan Toyota dengan Koji Sato, serta beberapa tokoh terkemuka dari sektor bus, truk, dan sepeda motor.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Akio Toyoda Lepas Jabatan Ketua Asosiasi Produsen Mobil Jepang", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/23/094200515/akio-toyoda-lepas-jabatan-ketua-asosiasi-produsen-mobil-jepang.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm