Ilustrasi penjualan mobil. ((Dok. Shutterstock) )
Ilustrasi penjualan mobil. ((Dok. Shutterstock) ) ( KOMPAS.COM)

Gaikindo Bilang Untuk Penjualan Mobil Kebal dari Musim Pemilu

27 November 2023 18:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) percaya bahwa tahun politik alias pemiilihan umum (pemilu) yang akan berlangsung mulai 2024 mendatang, tidak berpengaruh banyak terhadap penjualan mobil nasional.

Alasannya, karena momentum pertumbuhan di kawasan Asia Tenggara yang saat ini sedang bergerak positif, di mana sektor otomotif salah satu penyumbang utama dengan tingkat penyerapan tenaga kerja sangat tinggi.

"Jadi mungkin tidak terlalu berpengaruh. Kita harus positif," kata Sekertaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara saat dihubungi Kompas.com, Minggu (26/11/2023).

"Pemilu itu hajatan lima tahunan, kalau ditakut-takuti turun naiknya susah. Lagipula penyerapan lapangan kerja di sektor ini sangat besar jadi pemerintah saya rasa tak akan tinggal diam," lanjut dia.

Diketahui, rata-rata penyerpaan tenaga kerja di sepanjang rantai industri otomotif mencapai 1,5 juta jiwa. Jumlah ini termasuk sektor usaha kecil menengah (UKM), manufaktur, pembiayaan, asuransi, sampai pabrik yang berkaitan.

Adapun berdasarkan data asosiasi, penjualan kendaraan roda empat atau lebih di dalam negeri sepanjang Januari-Oktober 2023 (ritel) mencapai 825.691 unit. Angka tersebut naik 0,4 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya.

Sementara itu, kegiatan ekspor juga tengah melaju kencang di mana jumlahnya telah mencapai 426.381 unit untuk jangka waktu serupa. Jumlah ini, tumbuh 10,9 persen dari Januari-Oktober 2023 lalu yang hanya 384.592 unit.

Meski demikian, patut diakui pada sisi penjualan secara wholesales (pabrik ke diler) mengalami turun 1,8 persen yakni dari 851.411 unit menjadi 836.048 unit.

“Kita harus menjaga momentum penjualan ekspor dan domestik juga sudah bagus, Kita itu sudah swasembada kendaraan bermotor roda empat atau lebih dan itu harus kita jaga," kata Kukuh.

“Untuk target sampai akhir tahun ini, kita harapkan tetap yakni 1 jutaan. Sejauh ini, kita upayakan progress targetnya sampai 1,1 juta," kata dia lagi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gaikindo Bilang Penjualan Mobil Kebal dari Musim Pemilu", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/27/092200915/gaikindo-bilang-penjualan-mobil-kebal-dari-musim-pemilu.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm