Meski banyak manfaat, buah alpukat dapat memicu masalah pencernaan jika terlalu banyak dimakan dalam sehari.
Meski banyak manfaat, buah alpukat dapat memicu masalah pencernaan jika terlalu banyak dimakan dalam sehari. ( FREEPIK/STOCKKING)

Berikut 2 Cara Olah Alpukat untuk Membuat Makanan Manis dan Asin

2 Desember 2023 18:20 WIB

SonoraBangka.id - Alpukat terasa manis dan gurih. Daging buahnya lembut dan kandungan lemak baiknya tinggi. Alpukat bisa dimakan langsung seperti buah pada umumnya, malah banyak yang memadukkannya dengan makanan manis dan asin. Maria Suparno, salah satu pemilik Srasi Coffee & Eatery, membagikan cara mengolah alpukat dalam makanan berikut ini.

1. Bisa dipadukan dengan makanan manis dan asin

Menurut Maria, alpukat bisa dipadukan dengan makanan manis dan asin, tidak ada batasannya sama sekali. "Alpukat kan termasuk buah dengan kandungan lemak yang bagus, omega-3. Rasanya yang gak begitu dominan hambar atau asin, bisa digunakan untuk dua arah, manis dan asin," jelas Maria. Ia menggunakan alpukat untuk isian roti manis dan kopi es krim. Namun, ke depannya Maria berencana memadukan alpukat dengan roti gurih.

2. Pakai alpukat secukupnya

Jumlah atau perbandingan alpukat tidak bisa disamaratakan, apalagi bila ukuran buahnya berbeda. Kamu bisa menggunakan alpukat secukupnya, seperti saran Maria. "Biasanya kami menggunakan setengah buah alpukat ukuran besar. Kalau pakai satu buah utuh, terlalu banyak dan mengenyangkan," kata Maria ketika ditemui Kompas.com di Srasi Coffee & Eatery pada Jumat (17/11/2023).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Cara Olah Alpukat untuk Membuat Makanan Manis dan Asin", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/20/170300575/2-cara-olah-alpukat-untuk-membuat-makanan-manis-dan-asin.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm