Ilustrasi ikan yellowtail atau ikan ekor kuning.
Ilustrasi ikan yellowtail atau ikan ekor kuning. ( Shutterstock/K321)

Namanya Mirip, Berikut 4 Beda Ikan Yellowtail dan Yellowfin Tuna

3 Desember 2023 06:58 WIB

SonoraBangka.id -  Yellowtail dan yellowfin sama-sama jenis ikan. Keduanya juga sering diolah menjadi sushi dan sashimi karena populer di Jepang.

Nama keduanya yang mirip membuat sejumlah orang salah mengartikan yellowtail dan yellowfin sebagai jenis ikan yang sama. Padahal, ikan yellowtail dan yellowfin tuna adalah jenis ikan berbeda. Simak perbedaannya berikut ini.

1. Kelompok ikan berbeda

Naoyuki Shimada, Executive Chef Okuzono Japanese Dining, mengatakan bahwa yellowfin tuna termasuk satu dari tiga jenis tuna populer.

Tuna sirip kuning ini berada di tengah-tengah, sesudah bluefin tuna yang terkenal premium dan big eye tuna yang juga disukai banyak orang. Yellowtail fish tidak termasuk tuna. Ikan ini dikenal juga dengan nama ikan buri di Jepang.

Ikan ekor kuning memiliki warna daging lebih putih dan sedikit merah, tidak seperti tuna yang merah pekat. Kandungan lemak asam omega-3 yellowtail fish membuat ikan ini baik dikonsumsi untuk perkembangan otak dan mata.

2. Ukuran yellowfin  tuna  lebih besar

Yellowtail fish atau ikan ekor kuning berukuran sedang dan memiliki tubuh panjang seperti tuna sirip kuning, seperti dilansir A-Z Animals. Namun, berat ikan ekor kuning berkisar 36 kilogram atau lebih, sementara yellowfin tuna bisa mencapai bobot 200 kilogram.

3. Warna punggung  yellowtail fish  putih perak 

Sama-sama ada sentuhan kuning di masing-masing ikan. Bedanya, ikan ekor kuning memiliki sisi punggung berwarna biru dengan putih perak. Sementara itu, tuna sirup kuning memiliki ciri punggung berwarna biru tua dengan bagian sisi yang kuning.

4. Habitat keduanya berbeda

Ikan ekor kuning biasanya ditemukan dekat terumbu karang di daerah berpasir atau laut dangkal dengan kedalaman 50-300 meter. Berbeda dengan yellowtail fish, tuna sirip kuning mampu menyelam lebih dalam dan biasanya hidup di kedalaman 100 meter. Ikan ini ditemukan di seluruh Samudera Pasifik, Atlantik, dan Hindia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Beda Ikan Yellowtail dan Yellowfin Tuna yang Namanya Mirip ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/24/140800275/4-beda-ikan-yellowtail-dan-yellowfin-tuna-yang-namanya-mirip-?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm