Cake flour merupakan tepung kue yang bertekstur halus dan memiliki kandungan protein gluten lebih rendah daripada tepung serbaguna.
Cake flour merupakan tepung kue yang bertekstur halus dan memiliki kandungan protein gluten lebih rendah daripada tepung serbaguna. ( SHUTTERSTOCK/Uryupina Nadezhda)

Berikut Ini 5 Jenis Tepung Terigu untuk Bikin Kue

3 Desember 2023 07:17 WIB

SonoraBangka.id - Tepung merupakan salah satu bahan penting untuk membuat kue. Tepung dibuat dengan cara digiling dari bahan kering seperti biji atau umbi.  Jenis tepung yang paling banyak digunakan untuk membuat aneka kue adalah tepung terigu.

Tepung terigu terbuat dari biji tanaman gandum yang punya kandungan protein di dalamnya.  Dilansir dari buku "Delicious & Beautiful Cakes From Home Ala Ordinary Kitchen" (2023) oleh Ricke Indriani terbitan Gramedia Pustaka Utama, ada lima jenis tepung terigu. Ketahui sebelum menggunakannya. 

1. Tepung terigu protein sedang 

Tepung terigu protein sedang atau all purpose flour merupakan jenis terigu paling banyak digunkaan. Kandungan proteinnya berkisar 11-13 persen.  Tepung ini juga sering disebut dengan tepung serbaguna untuk kue dan aneka gorengan. 

2. Tepung terigu protein rendah 

Jenis tepung terigu yang selanjutnya ini memiliki kandungan protein kurang dari 11 persen. Selain itu, tepung terigu ini juga memiliki pati lebih banyak dibandingkan jenis tepung terigu lainnya.  Jika ingin membuat kue dengan tekstur renyah dan kering, gunakan jenis tepung ini. 

3. Tepung terigu protein tinggi

Seperti namanya, tepung terigu ini memiliki kandungan protein lebih banyak dari jenis lainnya yaitu sekitar 13-14 persen. Kamu bisa menggunakannya untuk adonan yang membutuhkan pengembang kokoh dan bervolume tinggi.  Jenis terigu ini cocok digunakan untuk membuat roti-rotian, donat, mie, dan lainnya. 

4. Tepung swakembang 

Self raising flour atau tepung swakembang merupakan tepung terigu yang mengandung bahan pengembang seperti baking powder atau soda kue.  Jenis tepung terigu yang satu ini cocok untuk membuat adonan muffin atau quick bread. 

5. Tepung gandum utuh

Tepung gandum utuh atau whole wheat flour meruapakn tepung yang dibuat dari penggilingan biji gandum utuh.  Tepung ini memiliki lebih banyak vitamin, mineral, serat, dan pati dibandingkan jenis terigu lainnya. Hanya saja, warna dari tepung gandum utuh lebih cokelat dan aromanya lebih nutty. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Jenis Tepung Terigu untuk Bikin Kue, Kamu Pernah Pakai yang Mana?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/28/131700775/5-jenis-tepung-terigu-untuk-bikin-kue-kamu-pernah-pakai-yang-mana-?page=all#page2.


6

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm