Ilustrasi gelombang tsunami
Ilustrasi gelombang tsunami ( Jess Loiterton dari Pexels)

Jepang Dihantam Tsunami Usai Gempa 7,4 Magnitudo di Pulau Mindanao Filipina

3 Desember 2023 17:06 WIB

SonoraBangka.id - Diketahui, tsunami mencapai pulau Hachijojima Jepang setelah gempa besar di pulau Mindanao Filipina.

Sebuah gempa besar dengan magnitudo 7,4 yang melanda Pulau Mindanao, Filipina pada Sabtu (2/12/2023), telah menyebabkan tsunami setinggi 40 sentimeter di Pulau Hachijojima, yang terletak sekitar 290 km dari Tokyo, Jepang.

Badan Meteorologi Jepang telah mengeluarkan peringatan bahwa tsunami dapat mencapai ketinggian satu meter pada Minggu (3/12/2023).

Institut Volcanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) melaporkan bahwa dua gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 7,4 dan 6,1 terjadi di Pulau Mindanao.

Gempa tersebut memicu evakuasi di beberapa wilayah Filipina dan sebelah selatan pantai Jepang.

Meski tsunami dapat menghantam Filipina pada tengah malam, pada saat itu tidak ada laporan awal mengenai kerusakan gelombang yang signifikan.

Sistem Peringatan Tsunami Amerika Serikat (AS) sebelumnya mencatat potensi tsunami setinggi 3 meter di beberapa bagian pantai Filipina.

Namun, setelah evaluasi lebih lanjut, mereka menyatakan bahwa tidak ada risiko tsunami.

"Pertimbangkan semua data yang tersedia, ancaman tsunami akibat gempa bumi ini telah berlalu," ujar Sistem Peringatan Tsunami AS seperti dilansir dari Al-Jazeera. 

Phivolcs memberikan peringatan kepada masyarakat yang tinggal di dekat pantai di Provinsi Surigao Del Sur dan Davao Oriental untuk segera mengungsi atau pindah lebih jauh ke daratan.

Mereka juga menyarankan kapal-kapal yang berada di laut selama periode tersebut untuk tetap di lepas pantai di perairan dalam sampai ada saran lebih lanjut.

Kedua provinsi tersebut, Surigao Del Sur dan Davao Oriental, sebagian besar merupakan wilayah pedesaan dan tidak padat penduduk seperti wilayah lain di Filipina.

Hingga kini, pihak berwenang terus memantau situasi dan memberikan informasi terkini kepada masyarakat terkait potensi bahaya setelah gempa dan tsunami tersebut.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Tsunami Hantam Jepang Usai Gempa 7,4 Magnitudo di Pulau Mindanao Filipina, https://bangka.tribunnews.com/2023/12/03/tsunami-hantam-jepang-usai-gempa-74-magnitudo-di-pulau-mindanao-filipina.

SumberBangka.tribunnews.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm