Ruas jalan Tol Sigli-Banda Aceh yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Sumatera(Hutama Karya)
Ruas jalan Tol Sigli-Banda Aceh yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Sumatera(Hutama Karya) ( KOMPAS.COM)

5 Ruas Tol Trans-Sumatera yang Beroperasi Gratis Selama Nataru 2023/2024

4 Desember 2023 16:04 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI menetapkan lima jalan tol di Trans-Sumatera akan dibuka gratis selama libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2023/2024.

Keputusan ini diambil sebagai salah satu bentuk kepedulian pemerintah supaya dapat meringankan beban mobilitas sekaligus biaya bagi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik maupun berlibur bersama keluarganya di akhir tahun.

Dalam informasi resminya, total jalan tol yang dibuka gratis itu mencapai 126,43 kilometer (Km) mulai dari Indralaya-Prabumulih, Binjang-Langsa, sampai Tebing Tinggi-Indrapura.

"Bagi yang mau liburan lewat Jalan Tol Trans-Sumatera akhir tahun nanti, ada lima ruas yang sudah beroperasi tapi masih belum bertarif alias gratis," tulis pihak BPJT melalui akun Instagram resminya, @pupr_bpjt, Minggu (3/11/2023).

Berikut ini daftar jalan tol gratis yang dibuka saat libur nataru:

1. Indralaya-Prabumulih (64,5 Km)

Jalan tol ini merupakan bagian dari pembangunan jalan tol Simpang Indralaya-Muara Enim yang akan mempersingkat waktu tempuh Palembang ke Prabumulih menjadi hanya satu jam saja.

Selain itu jalan tol ini juga mempersingkat waktu tempuh dari Prabumulih ke Bandara Mahmud Badaruddin II Palembang.

2. Stabat-Kuala Bingai (8 Km)

Kehadiran jalan tol yang saat ini sudah beroperasi juga akan mendukung konektivitas dari Binjai ke Medan sekitar 17 Km dan dari Medan ke Bandara Kualanamu sekitar 42 Km.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm