Ilustrasi sayur kol atau kubis segar.
Ilustrasi sayur kol atau kubis segar. ( PEXELS/ Arina Krasnikova )

Dapat Menjaga Kesehatan Tulang, Berikut 5 Kandungan Nutrisi Kol

4 Desember 2023 20:28 WIB

SonoraBangka.id - Sayur kol salah satu bahan yang sering kita temui pada sayur sop, lalapan, atau untuk campuran telur dadar. Seperti sayuran lainnya kol memiliki kandungan nutrisi, yaitu vitamin C, K, serat, dan antioksidan polifenol.

Nutrisi pada sayur kol ini dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, dikutip dari majalah "Sedap / ED 11 NOV 2019" (2019) karya Sedap terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

1. Vitamin C

Seperti pada brokoli vitamin utama pada kol adalah vitamin C yang berfungsi menjaga daya tahan tubuh. Cara memasak kol paling bagus untuk mempertahankan vitamin C adalah dengan cara dikukus, selama lima sampai 10 menit.

2. Vitamin K

Kadar vitamin K pada kol cukup tinggi, bermanfaat menjaga kesehatan darah dan tulang. Konsumsi vitamin K pada kol akan optimal dimasak dengan sedikit minyak seperti pecel, tumis, sop, dan lodeh.

3. Antioksidan polifenol

Antioksidan pada kol memberikan manfaat seperti menjaga keremjaan kulit jika dikonsumsi jangka panjang. Kol cocok menetralkan efek menu gorengan, antioksidan kol juga bisa menyeimbangkan kadar kolesterol, mengurangi risiko penebalan pembuluh darah, dan mencegah penyakit jantung.

4. Antosianin

Sayur kol merah (ungu) mengandung antosianin yang memiliki khasiat antioksidan. Sayangnya antosianin mudah rusak pada suhu tinggi, untuk itu masak kol ungu dengan cara dikukus.

5. Serat

Kol banyak mengandung serat sehingga bisa memperlancar sistem pencernaan, agar mendapatkan manfaat serat, masak sayur kol dengan cara dimasak seperti sayur sop. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Kandungan Nutrisi Kol, Dapat Menjaga Kesehatan Tulang", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/30/220300075/5-kandungan-nutrisi-kol-dapat-menjaga-kesehatan-tulang.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm