Ilustrasi kentang kupas
Ilustrasi kentang kupas ( PIXABAY/ Christos Giakkas)

Berikut 4 Cara Simpan Kentang Kupas agar Tidak Berubah Kecoklatan

5 Desember 2023 18:04 WIB

SonoraBangka.id - Kentang kupas mirip dengan apel. Dapat berubah warna bila dibiarkan terlalu lama setelah dipotong-potong.

Sebenarnya, perubahan warna kentang kupas menjadi kecoklatan tidak memengaruhi proses masaknya, tetapi tampilannya tentu berbeda.

Hindari perubahan warna pada kentang kupas dan potong dengan melakukan tips yang dilansir dari Southern Living berikut ini.

1. Kupas kentang tepat sebelum dimasak

Jangan menyetok kentang. Sengaja mengupasnya dalam jumlah banyak, lalu membiarkannya di suhu ruang. Hal ini akan membuat kentang berubah kecoklatan sebelum dimasak sehingga dinilai tidak efektif. Sebaiknya, kupas kentang ketika ingin memasak untuk menghindari perubahan warna pada bahan makanan ini. 

2. Rendam kentang dalam air es

Setelah mengupas dan memotong kentang, masukkan ke dalam air es. Cara ini dapat mencegah kentang kupas kecoklatan, bahkan hingga satu hari setelahnya bila disimpan di lemari es.

3. Tambahkan jus lemon

Bahan asam, seperti cuka dan jus lemon, dapat menghambat perubahan warna kentang menjadi kecoklatan. Teteskan jus lemon atau cuka secukupnya ke dalam rendaman kentang setelah dikupas dan dipotong

4. Gunakan wadah kaca

Jenis bahan dari wadah yang digunakan juga bisa memengaruhi perubahan warna pada kentang. Kamu bisa menggunakan wadah kaca sebagai pilihan tepat untuk merendam kentang kupas. Wadah berbahan logam justru akan mempercepat perubahan warna kentang kupas menjadi kecoklatan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Simpan Kentang Kupas agar Tidak Berubah Kecoklatan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/12/02/140200975/4-cara-simpan-kentang-kupas-agar-tidak-berubah-kecoklatan.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm