Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang.
Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang. ( Bangkapos.com/Sepri Sumartono)

Menperin: Smelter Titanium di Bangka Ciptakan Lapangan Kerja dan Tingkatkan Nilai Tambah

9 Desember 2023 08:54 WIB

SonoraBangka.idMenteri Perindustrian (Menperin) RI Agus Gumiwang mengatakan Badan Survey Geologi Amerika Serikat tahun 2022 lalu mencatat bahwa cadangan titanium dunia sebesar 930 juta ton.

Sementara cadangan titanium yang dimiliki Indonesia juga dinilai tidak kecil dan potensi yang bisa digunakan cukup besar dengan cadangan ilmenit di Indonesia sekitar 40-50 juta ton.

Ilmenit merupakan salah satu sumber unsur bahan baku guna mengolah biji titanium yang digunakan ketika membuat berbagai paduan berperforma tinggi.

"Dengan adanya smelter titanium (PT BBSJ) ini, akan meningkatkan nilai tambah dari biji mineral, dan menciptakan lapangan kerja dari sektor industri hilirisasi," kata Menperin Agus Gumiwang, Kamis (7/12/2023).

Hilirisasi yang bisa memanfaatkan titanium sebagai bahan baku di antaranya, industri alat kesehatan, pesawat terbang, militer dan lain-lainnya.

Diungkapkannya bahwa, banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan ketika melihat titanium sebagai bahan baku.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Menperin Sebut Smelter Titanium di Bangka Ciptakan Lapangan Kerja dan Tingkatkan Nilai Tambah, https://bangka.tribunnews.com/2023/12/08/menperin-sebut-smelter-titanium-di-bangka-ciptakan-lapangan-kerja-dan-tingkatkan-nilai-tambah.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm