Modifikasi Yamaha Scorpio 225 bergaya klasik(MR. KUZTOM GARAGE)
Modifikasi Yamaha Scorpio 225 bergaya klasik(MR. KUZTOM GARAGE) ( KOMPAS.COM)

Bukan Sekadar untuk Darurat, Ada Fungsi Lain Menggunakan Kick Starter pada Motor

9 Desember 2023 18:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kick starter atau engkol starter mulai ditinggalkan oleh sepeda motor keluaran terbaru. Tapi, sebagian besar motor yang digunakan oleh masyarakat masih menggunakannya.

Maka dari itu, pengguna perlu memanfaatkan kick starter dengan optimal agar komponen motor menjadi lebih awet.

Perlu diingat bahwa kick starter tidak hanya digunakan saat darurat atau ketika aki tekor, tetapi bisa digunakan untuk membuat beberapa komponen motor lebih awet.

Kepala Mekanik Ahass Daya Adicipta Motora (DAM) Wahyudin menyarankan kepada para pemilik motor untuk menggunakan kick starter saat pertama kali memanaskannya.

"Jika langsung di-starter dengan tombol, beban untuk aki terlalu besar untuk cranking awal. Bisa bikin aki performanya cepat turun," ujar Wahyudin kepada Kompas.com, belum lama ini.

Wahyudin menambahkan, bila menggunakan kick starter terlebih dulu sebanyak tiga sampai lima kali, bisa membuat friksi awal yang baik untuk cycling engine-nya. Setidaknya oli bisa mulai terpompa ke seluruh komponen mesin lebih dulu.

"Sehingga, bisa memudahkan mesin saat awal dihidupkan," kata Wahyudin.

Untuk motor matik dan motor sport sekarang ini, penggunaan kick starter sudah mulai ditinggalkan. Sebab, sistem electric starter yang digunakan sudah lebih canggih. Sehingga, tidak perlu lagi khawatir aki akan cepat tekor menurut Wahyudin.

Sedangkan untuk oli yang mengendap, menurut Wahyudin, biasanya terjadi pada motor-motor lama. Sementara teknologi motor baru sudah cukup canggih sehingga mampu menahan oli, khususnya di bagian boring dan piston.

Nah, itu tadi kegunaan kick starter agar digunakan sebagaimana mestinya, terkhusus motor lawas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bukan Sekadar untuk Darurat, Ada Fungsi Lain Kick Starter pada Motor", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/09/100200715/bukan-sekadar-untuk-darurat-ada-fungsi-lain-kick-starter-pada-motor.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm