iPhone 15 kini memiliki layar berponi Dynamic Island dan kamera belakang 48 MP.
iPhone 15 kini memiliki layar berponi Dynamic Island dan kamera belakang 48 MP. ( Apple)

Bocoran Tampang iPhone 16, Kamera Mirip iPhone X dan Ada Action Button

16 Desember 2023 10:19 WIB

SonoraBangka.ID - iPhone 15 series baru saja diluncurkan Apple pada September lalu. Namun, kabar soal penerusnya yang konon bernama iPhone 16 sudah mencuat di media maya.

Sebuah gambar bocoran mengungkap wujud tiga purwarupa perangkat yang disebut dengan kode nama "DeLorean" di kalangan internal Apple. Salahsatu dari ketiga prototype ini disinyalir bakal terpilih menjadi rancangan final iPhone 16 standar alias non-Pro.

Menariknya, salah satu purwarupa terlihat memiliki desain kamera belakang yang mirip dengan iPhone X keluaran 2017 dulu, dengan dua lensa kamera yang disusun vertikal dalam satu penampang berbentuk kapsul.

Dua prototype lainnya tampak lebih mirip dengan iPhone 15. Hanya saja, kedua kamera belakangnya disusun sejajar -bukan diagonal-dalam modul berbentuk persegi.

Jika diingat kembali, dua purwarupa yang berwarna merah jambu dan hitam ini mirip dengan iPhone 12 yang juga memiliki kamera belakang yang disusun sejajar secara vertikal, sebelum berubah menjadi diagonal mulai iPhone 13 hingga iPhone 15.

Sementara itu, tampilan ketiga purwarupa iPhone 16 dari depan terbilang masih sama dengan iPhone 16 sebelumnya. Ada Dynamic Island di bagian atas yang berbentuk kapsul dan ukurannya bisa berubah-ubah mengkuti widget aplikasi yang dijalankan.

Ada Action Button seperti iPhone versi Pro

Selain tampak depan dan belakang belakang, bocoran gambar ikut memperlihatkan sosok ketiga purwarupa perangkat yang diduga merupakan calon iPhone 16 ini. Satu hal yang paling menarik adalah keberadaan sebuah tombol baru di sebelah kedua tombol volume.

Tombol baru tersebut disinyalir tak lain adalah Action Button, yakni tombol yang bisa digunakan sebagai pintasan untuk menjalankan fungsi atau aplikasi tertentu.

Action Button sebenarnya sudah hadir di lini iPhone 15, tapi hanya di model iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, sementara iPhone 15 standar dan iPhone 15 Plus belum kebagian.

Apabila gambar bocoran di bawah memang benar, maka kemungkinan semua model di lini iPhone 16 nanti bakal memiliki Action Button, termasuk iPhone 16 dan iPhone 16 Plus. Sebelumnya memang sempat beredar rumor yang mengungkapkan kemungkinan tersebut.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm