Ilustrasi pengecekan oli melalui dipstick(Dok. Pana Oil Indonesia)
Ilustrasi pengecekan oli melalui dipstick(Dok. Pana Oil Indonesia) ( KOMPAS.COM)

Persiapan Liburan, Segini Batas Untuk Level Volume Oli Mesin Mobil

23 Desember 2023 16:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Volume oli mesin pada mobil wajib dalam kondisi cukup dan tidak berlebihan sebelum digunakan liburan. Cara memastikannya dengan melihat level via dipstick oli.

Pada ujung dipstick terdapat skala yang menunjukkan batas volume oli yakni titik atas dan bawah. 

Suatu kondisi, oli mesini bisa terlalu banyak atau kurang. Berikut ini dampak buruk jika level oli mesin berlebihan dan kurang.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor mengatakan, penting untuk memeriksa volume oli mesin, karena bila kurang dapat menyebabkan performa menurun bahkan membuat BBM lebih boros.

“Volume oli ini berkaitan dengan pelumasan, jika kurang maka mesin menjadi lebih berat dalam bekerja, salah satu dampak buruknya BBM menjadi lebih boros, bahkan bisa sampai merusak komponen,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Jumat (23/12/2023).

Hardi menyarankan, level oli idealnya berada di titik batas atas tapi tidak sampai berlebihan. Pemeriksaan dilakukan saat mesin mati sehingga oli masih terkumpul di panci atau tidak ada yang bersirkulasi.

“Dengan memastikan volumenya berada di level maksimal, maka harapannya pelumasan lebih baik sehingga performanya optimal,” ucap Hardi.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, mengisi oli mesin secara berlebihan bisa merusak komponen di dalam karena akan terasa berat.

“Bila olinya kelebihan banyak bisa berpotensi bikin mesin jebol. Karena mekanisme mesin jadi berat disebabkan komponen yang seharusnya tidak terendam oli menjadi terendam,” ucap Didi dikutip dari Kompas.com, belum lama ini.

Didi mengatakan, ada beberapa komponen yang seharusnya tidak terendam oli; seperti, seal dan poros engkol. Salah satu dampak mengisi oli terlalu penuh adalah performa mesin menurun akibat putaran poros engkol terhambat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm