( Diskominfosta Bangka Tengah)

Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional, Ratusan Masyarakat Bangka Tengah Terima Bantuan

28 Desember 2023 08:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng) gelar peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tingkat Provinsi Tahun 2023 dengan mengusung Tema Kesetiakawanan Sosial Wujudkan Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), bertempat di pantai Sumur Tujuh, Kecamatan Koba, Bangka Tengah, pada Rabu (27/12/2023).

Pada kegiatan ini Pj. Gubernur Babel Safrizal Zainal Ali didampingi Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, serta Wakil Bupati, Era Susanto, beserta Ketua TP PKK Provinsi Babel  dan Wakil Ketua I TP PKK Bateng, menyerahkan bantuan sosial secara simbolis kepada masyarakat.

Bantuan yang diserahkan yakni berupa bantuan paket penanganan stunting 100 paket dari PT PLN Babel, 50 paket sembako dari PT Timah Tbk., 50 paket sembako dari PT Askrindo, 25 paket sembako dari Bank Sumsel Babel Cabang Koba, penyerahan 10 santunan anak yatim dari PT Angkasa Pura II Bandara Depati Amir.

Selain itu juga ada penyerahan alat bantu disabilitas dari Bank Sumsel Babel Cabang Koba, penyerahan bansos dari Dinas Sosial Bateng kepada Usaha Ekonomi Produktif Keluarga (UEP), Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE), dan penyerahan klaim BPJS Ketenagakerjaan.

Dalam sambutannya, Safrizal Zainal Ali mengatakan kesetiakawanan sosial adalah nilai dasar yang terbentuk dalam pikiran, sikap, serta tindakan saling peduli dan berbagi antar sesama.

"Kegiatan hari ini untuk mengingatkan kita bahwa kesetiakawanan sosial itu masih ada, karena kesetiakawanan sosial merupakan tindakan saling peduli dan berbagi dengan dilandasi kerelaan, kesetiaan, kebersamaan, toleransi, serta kesetaraan, guna meningkatkan harkat, martabat, dan harga diri setiap warga negara indonesia," ucapnya.

Disampaikan Safrizal bahwa kesetiakawanan sosial nasional hakekatnya merefleksikan budaya dan kearifan nasional yang berujung pada solidaritas kebangsaan dan integrasi nasional.

"Selamat Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional, semoga semangat kebersamaan kita semakin kokoh," ucapnya.

Sementara itu Algafry Rahman selaku Bupati Bangka Tengah, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang disalurkan para stakeholder hari ini.

"Alhamdulillah, dalam rangka memperingati hari Kesetiakawanan Sosial Nasional kita menyalurkan banyak bantuan CSR kepada masyarakat Bangka Tengah. Selain itu kita dari Pemkab Bangka Tengah juga menyerahkan bantuan usaha untuk ekonomi produktif, wanita rawan sosial ekonomi, dan keluarga rentan tahun 2023," jelasnya.

Dikatakan Algafry bahwa bantuan ini merupakan tanggung jawab Pemkab Bateng untuk memberdayakan para wanita, yang secara kondisi terpaksa menjadi tulang punggung keluarga, agar berdaya secara ekonomi.

"Bantuan ini sebagai upaya kita untuk memperkuat ketahanan ekonomi dan taraf hidup keluarga rentan yang terdata di DTKS dan Data Kemiskinan Ekstrem. Pada tahun 2023  diberikan kepada 48 KPM dengan masing-masing keluarga mendapat bantuan 10 juta rupiah, selain itu juga ada bantuan UEP disabilitas 10 orang se-Bangka Tengah. Semoga ini bermanfaat," pungkasnya.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm