merawat karburator mobil(KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI)
merawat karburator mobil(KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI) ( KOMPAS.COM)

Cara Sederhana Untuk Menjaga Karburator Mobil Jadul Supaya Tetap Sehat

28 Desember 2023 20:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mobil lama biasanya masih menggunakan karburator sebagai sistem yang menyuplai BBM ke ruang mesin. Agar tetap maksimal, karburator sebaiknya diservis rutin delapan sampai 10 bulan sekali.

Biasanya, kalau konsumsi BBM mobil sudah boros, maka perlu diperiksa karbunya. Selain itu, ada tips buat menjaga karburator tetap bersih selama digunakan dan sangat simpel.

Misbah, Pemilik bengkel spesialis karburator di Bogor, Jawa Barat, bilang, menjaga karburator biar awet kebersihannya adalah dengan isi BBM penuh, jangan biarkan kosong.

"Karburator itu enggak ada tabel (perawatan), jadi bagaimana bensin (tangki). Kalau full terus, karbu awet, tapi kalau disisakan sedikit, jadi cepat kotor, kotorannya terangkat," kata Misbah kepada Kompas.com, Rabu (27/12/2023).

Artinya, ketika tangki tidak terisi penuh, kotoran yang ada di dalamnya malah ikut tersedot saat mobil menyala. Efeknya, karburator cepat kotor dan bisa saja mempengaruhi performa.

"Karburator itu saat diservis bagian gobangan atau koin, paking, dan spuyer (lubang semprot BBM). Kalau bocor (karena kotor) ya diganti, lalu habis itu disetel lagi," ucap Misbah.

Menyetel karburator bisa dibilang mudah, hanya memang perlu coba langsung, secara manual. Biasanya dipilih spuyer yang pas agar dapat performa yang diinginkan pemilik kendaraan.

"Kalau mau hemat BBM tapi kencang, ganti spuyer, ada lagi setelannya. Kebanyakan spuyer-nya standar, kita ganti dengan yang lebih kecil," kata Misbah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Sederhana Menjaga Karburator Mobil Jadul Supaya Tetap Sehat", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/28/100200715/cara-sederhana-menjaga-karburator-mobil-jadul-supaya-tetap-sehat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm