Ilustrasi chip Snapdragon XR2 Plus Gen 2
Ilustrasi chip Snapdragon XR2 Plus Gen 2 ( Qualcomm)

Qualcomm Perkenalkan Snapdragon XR2 Plus Gen 2, Chip Pesaing Headset Apple Vision Pro

6 Januari 2024 18:20 WIB

SonoraBangka.ID - Qualcomm memperkenalkan chip baru untuk headset virtual reality (VR) dan dan mixed reality (MR), yakni Snapdragon XR2 Plus Gen 2Chip ini merupakan peningkatan dari Snapdragon XR2 Gen 2 yang dirilis tahun lalu dan disematkan ke Meta Quest 3.

Headset VR yang ditenagai Snapdragon XR2 Plus Gen 2 disebut mampu me-render visual beresolusi tinggi sehingga bisa menyaingi perangkat serupa dari Apple, Vision Pro, tapi dengan banderol lebih murah.

Qualcomm menjanjikan bahwa Snapdragon XR2 Plus Gen 2 bakal dihargai terjangkau untuk para pabrikan headset agar produk akhirnya juga bisa dijual dengan harga relatif bersahabat. Berapa persisnya harga headset Snapdragon XR2 Plus Gen 2 nanti masih belum jelas.

Namun, Meta Quest 3 yang ditenagai Snapdragon XR2 Gen 2 sebelumnya dibanderol 500 dollar (Rp 7,8 juta, jauh di bawah angka 3.500 dollar AS (Rp 54,4 juta) yang konon dipatok Apple untuk Vision Pro. 

Sebagamana dihimpun KompasTekno dari ZD Net, Jumat (5/1/2024), dibandingkan pendahulunya,Snapdragon XR2 Plus Gen 2 sendiri memiliki kemampuan dan kinerja lebih tinggi.

Chip yang dikembangkan bersama oleh Qualcomm, Samsung, dan Google ini sanggup menampilkan resolusi 4,3K untuk masing-masing mata dengan frame rate 90 fps ), serta menangani input dari 12 buah kamera secara bersamaan untuk video passthrough.

Kinerja CPU Snapdragon XR2 Plus Gen 2 pun diklaim 20 persen lebih tinggi dari Snapdragon XR2 Gen 2, sementara performa GPU disebut 15 persen lebih ngebut.

“(Snapdragon XR2 Plus Gen 2 akan membawa produktivitas dan hiburan di (perangkat) XR ke level yang lebih tinggi dengan menawarkan visual yang sangat jelas," ujar Vice President, General Manager XR, Qualcomm, Hugo Swart.

Di samping menawarkan referensi desain perangkat AR dan VR ke sejumlah vendor untuk mempercepat proses produksi, Qualcomm juga mengaku bekerja sama dengan lima pabrikan, salah satunya HTC.

Akan tetapi, masih belum jelas kapan perangkat headset berbasis Snapdragon XR2 Plus Gen 2 bakal mulai hadir di pasaran. Sementara itu, Apple kabarnya bakal segera meluncurkan Vision Pro dalam beberapa minggu ke depan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Qualcomm Perkenalkan Snapdragon XR2 Plus Gen 2, Chip Pesaing Headset Apple Vision Pro", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2024/01/05/08010097/qualcomm-perkenalkan-snapdragon-xr2-plus-gen-2-chip-pesaing-headset-apple.

Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm