Ilustrasi mobil terbakar(Istimewa)
Ilustrasi mobil terbakar(Istimewa) ( KOMPAS.COM)

Marak Kasus Kebakaran, Pentingnya Terdapat APAR dalam Satu Mobil

20 Januari 2024 19:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Akhir-akhir ini banyak kejadian mobil terbakar baik saat parkir atau dikendarai. Tapi, meski dalam pengawasan pengendara banyak kasus kebakaran mobil tidak tertangani dengan baik.

Salah satu penyebab kebakaran tidak tertangani dengan baik adalah tidak adanya alat pemadam kebakaran di dalam bagasi mobil. Akhirnya api merambat cepat dan meluas ke seluruh bodi mobil.

Hasan Ariyanto, Pemilik Mandiri Auto Klaten, mengatakan, penting dalam satu mobil terdapat satu APAR agar menghentikan api menyebar lebih luas.

“Saat area pada mobil terbakar, maka api kan mudah menyebar karena beberapa bahan atau komponennya mudah terbakar seperti kabel, karet, dan sejenisnya, akan lebih cepat lagi karena pada mobil juga ada bahan bakar,” ucap Hasan kepada Kompas.com, Jumat (19/1/2024).

Hasan mengatakan, bagian utama yang harus segera dihindari untuk tidak terbakar adalah saluran bensin. Pada bagian tertentu, saluran bensin berbahan karet dan akan terbakar kalau bersentuhan dengan api.

“Saluran bahan bakar menjulang dari tangki BBM, biasanya di bangku belakang sampai depan area mesin, pada bagian tengah saluran memang bahan terbuat dari pipa logam namun bagian mendekati area mesin dan tangki bahannya karet,” ucap Hasan.

Maka dari itu, sebisa mungkin ketika terjadi kebakaran kecil, api langsung dipadamkan untuk menghindari membakar saluran bahan bakar.

“Itulah pentingnya ada APAR dalam satu mobil, sehingga api dapat dipadamkan lebih dini sewaktu masih kecil tanpa menunggu bantuan dari pihak lain,” ucap Hasan.

Untuk mempercepat proses pemadaman, pengendara juga perlu memperhatikan letak APAR yang sudah disiapkan dalam satu mobil.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, peletakan APAR perlu diperhatikan untuk keselamatan berkendara.

“Peletakannya harus benar, artinya mudah dijangkau, tidak terpapar matahari langsung dan harus benar-benar terikat,” ungkap Sony kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Sony menjelaskan, penempatan APAR boleh di mana saja, selama tidak mengganggu kenyamanan dan aktivitas penggunanya.

“Misalnya, di kabin belakang atau di bawah bangku penumpang depan. Penting juga menginformasikan kepada penumpang letak dan cara penggunaannya,” ucap Sony.

Dengan demikian, diharapkan ketika terjadi kebakaran api dapat dipadamkan lebih dini sebelum menyebar lebih luas dan menyebabkan saluran bahan bakar ikut terbakar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Marak Kasus Kebakaran, Pentingnya APAR dalam Satu Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/20/100200815/marak-kasus-kebakaran-pentingnya-apar-dalam-satu-mobil.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm