Ilustrasi gigi kuning. Buah terburuk untuk gigi.(Shutterstock/sruilk)
Ilustrasi gigi kuning. Buah terburuk untuk gigi.(Shutterstock/sruilk) ( KOMPAS.COM)

5 Buah Terburuk untuk Gigi, Berpotensi Untuk Sebabkan Gigi Kuning dan Berlubang

21 Januari 2024 17:26 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sejumlah buah mengandung pigmen dan asam yang dapat meninggalkan noda pada gigi, sehingga membuatnya lebih kuning dan keropos.

Padahal, menjaga kesehatan gigi memberikan efek positif dalam kehidupan sehari-hari, termasuk membuat penampilan jauh lebih percaya diri.

Rajin menyikat dan membersihkan gigi dapat mencegah masalah gigi saja tidak cukup untuk mempertahankan gigi tetap dalam kondisi prima.

Tapi, banyak makanan atau minuman yang dapat menyebabkan penumpukan plak penyebab penyakit gusi dan kerusakan gigi, salah satunya buah-buahan.

Potensi efek samping buah untuk gigi

Buah menawarkan berbagai manfaat kesehatan karena mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Sayangnya, karena beberapa buah mengandung gula dan asam alami dalam jumlah lebih tinggi dibandingkan jenis lain, makanan ini mungkin bisa berdampak buruk bagi gigi.

Dilansir dari laman National Dental Care, gula dapat tertinggal di permukaan gigi dan berkontribusi terhadap perkembangan bakteri.

Bakteri ini dapat menyebabkan enamel atau lapisan keras terluar yang menjadi pelindung gigi menjadi aus.

Imbasnya, pembusukan pada gigi dapat terjadi karena bakteri dalam plak mampu menembus lebih cepat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm