Jajaran Polres OKU menyita ribuan knalpot brong, Selasa (16/1/2024). (ANTARA/Edo Purmana/24)
Jajaran Polres OKU menyita ribuan knalpot brong, Selasa (16/1/2024). (ANTARA/Edo Purmana/24) ( KOMPAS.COM)

Pengguna Knalpot Brong Cerminan Untuk Pengendara yang Tidak Punya Empati

23 Januari 2024 19:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Penggunaan knalpot brong tengah menjadi polemik nasional dan diperdebatkan banyak pihak, khususnya setelah Kepolisian menggelar razia, penyitaan, dan pemusnahan besar-besaran di awal 2024.

Pihak Kepolisian menyebut kalau knalpot brong yang tidak sesuai standar tergolong mengganggu ketertiban umum dan menyebabkan polusi suara. Dalih inilah yang menjadi alasan tindakan penertiban tersebut.

Aksi razia ini nampak menerima apresiasi dari beberapa pihak, khususnya dari golongan pemerhati transportasi dan masyarakat berkebutuhan khusus alias difabel.

Adanya razia knalpot brong dinilai bisa menciptakan kondisi lalu lintas yang jauh lebih ramah bagi difabel, khususnya yang memiliki autisme, asperger, dan sindrom-sindrom sejenis dengan sensitivitas tinggi pada suara bising.

Erwin, Pendiri sekaligus Ketua Yayasan Rumah Pengembangan dan Pemberdayaan Disabilitas (YRPPD) menjelaskan, pihaknya mengapresiasi penertiban yang dilakukan oleh Kepolisian, dan berharap prosesnya terus berjalan.

“Berkurangnya knalpot brong tentu bisa menciptakan lalu lintas yang bebas polusi suara, sehingga jauh lebih ramah untuk semua orang, khususnya teman-teman penyandang disabilitas,” ucapnya kepada Kompas.com, Minggu (21/1/2024).

Pria yang juga aktivis pejalan kaki tersebut mengatakan, knalpot brong dengan suara bising dan tidak sesuai standar memang menjadi gangguan banyak pihak sejak dulu.

Menurutnya, pengguna knalpot brong adalah cerminan pengendara yang tidak memiliki empati dan kurang memikirkan perasaan pengguna jalan lainnya.

“Boleh dikata mereka (pengguna knalpot brong) mungkin masih kurang teredukasi, jadi empatinya sedikit terhadap pengguna jalan lain,” kata dia.

Erwin menambahkan, selayaknya jalan yang merupakan fasilitas umum milik bersama, semua pengguna jalan tidak boleh egois ketika berlalu lintas. Termasuk menimbulkan suara nyaring lewat knalpot brong, karena bisa menimbulkan gangguan dan ketidaknyamanan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengguna Knalpot Brong Cerminan Pengendara yang Tidak Punya Empati ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/23/081200815/pengguna-knalpot-brong-cerminan-pengendara-yang-tidak-punya-empati-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm