Battery Management System (BMS) pada baterai jenis Lithium-ion(KOMPAS.com/Daafa Alhaqqy)
Battery Management System (BMS) pada baterai jenis Lithium-ion(KOMPAS.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Fitur Ini yang Membuat Baterai Motor Listrik Awet dan Cegah Kebakaran

24 Januari 2024 20:33 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Terdapat dua jenis motor listrik ditinjau dari cara produksinya yakni motor listrik pabrikan dan konversi. Keduanya dibekali baterai sebagai penampung daya listrik sehingga motor bisa digunakan untuk menempuh jarak tertentu.

Seiring berkembangnya teknologi, baterai motor listrik juga mengalami penyesuaian sehingga lebih aman dan awet saat digunakan.

Rubiyanto, Pemilik Bengkel Konversi Motor Listrik dan Modifikasi Rwin Development Solo mengatakan baterai motor listrik sudah dibekali teknologi cukup canggih pada umumnya.

“Pastikan baterai yang digunakan sudah dilengkapi baterai management system (BMS) baik motor listrik pabrikan atau hasil konversi, biasanya tercantum dalam spesifikasi pada kemasan,” ucap Rubiyanto kepada Kompas.com, Selasa (23/1/2024).

Rubiyanto mengatakan BMS membuat baterai lebih awet pasalnya sistem akan memperhitungkan keadaan satu sel dengan lainnya saat proses pengisian dan penyaluran daya listrik.

“Ibaratnya, baterai terdiri dari kumpulan tabung saling terhubung, tabung tersebut berisi air, lalu terdapat saluran pengisian dan pengurasan, nah proses pengisian dan penyalurannya ini harus diatur agar rata pada masing-masing tabung,” ucap Rubiyanto.

Tanpa BMS maka tabung yang paling dekat dengan saluran pengisian bisa lebih dulu terisi, dan saat penyaluran daya listrik bagian paling dekat dengan saluran pengurasan bisa lebih cepat kosong.

“Kejadian seperti itu yang bisa membuat baterai cepat rusak, mengembung dan terbakar, tapi dengan adanya BMS maka masing-masing sel baterai diupayakan selalu rata levelnya,” ucap Rubiyanto.

BMS juga dapat membuat sistem pengisian berhenti otomatis ketika baterai sudah terisi penuh sehingga tidak perlu khawatir kebablasan dalam mengisinya.

“Mau diisi penuh aman, karena sudah ada BMS yang akan berhenti secara otomatis, setelah penuh dan ketahuan kan bisa dicabut chargernya,” ucap Rubiyanto.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Fitur Ini yang Bikin Baterai Motor Listrik Awet dan Cegah Kebakaran", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/24/101200515/fitur-ini-yang-bikin-baterai-motor-listrik-awet-dan-cegah-kebakaran.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm