Tidur malam yang berkualitas adalah salah satu cara untuk membuatmu tampak awet muda. Tidur berkualitas ini bisa kamu dapatkan dengan beberapa cara. (Pexels/Polina Kovaleva)
Tidur malam yang berkualitas adalah salah satu cara untuk membuatmu tampak awet muda. Tidur berkualitas ini bisa kamu dapatkan dengan beberapa cara. (Pexels/Polina Kovaleva) ( KOMPAS.COM)

Jarang Diketahui, Ini Untuk 4 Efek Samping Tidur dengan Lampu Menyala

24 Januari 2024 21:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Tidur adalah aktivitas yang dibutuhkan oleh tubuh dan dapat dijadikan sebagai indikator tingkat kesehatan.

Dilansir dari laman Kemenkes, salah satu cara untuk menjaga kebugaran adalah dengan memiliki waktu tidur yang cukup, sekitar 6-8 jam setiap hari.

Di samping itu, mematikan lampu selama tidur juga dipercaya memiliki dampak baik untuk tidur lebih nyenyak. 

Lalu, apa saja efek samping tidur dengan lampu menyala? Simak penjelasannya berikut ini.

Efek samping tidur dengan lampu menyala

Dikutip dari Healthline, paparan cahaya saat tidur membuat otak sulit untuk mengalami tidur yang nyenyak. Terlebih lagi cahaya biru yang berasal dari perangkat elektronik.

Ahli saraf dari Universitas Melbourne Profesor Trichur Vidyasagar menjelaskan, sel-sel saraf di bagian belakang mata mengandung pigmen khusus yang sensitif terhadap cahaya biru.

Sel-sel ini membantu mengontrol ritme sirkadian, sehingga jika terlalu banyak paparan cahaya di malam hari dapat berpotensi menyebabkan tidur menjadi tidak nyenyak.

Selain memengaruhi langsung kualitas otak, paparan cahaya saat tidur juga memberikan efek samping lain, sebagai berikut:

1. Depresi

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm