Ilustrasi rebung, kandungan rebung, khasiat rebung, manfaat rebung untuk kesehatan. (Shutterstock/Peter Hermes Furian)
Ilustrasi rebung, kandungan rebung, khasiat rebung, manfaat rebung untuk kesehatan. (Shutterstock/Peter Hermes Furian) ( KOMPAS.COM)

5 Untuk Manfaat Rebung untuk Kesehatan, Kandungan, dan Cara Memasak Agar Sehat

28 Januari 2024 18:07 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Rebung adalah salah satu sayuran yang berasal dari tunas bambu. Sayuran ini kerap digunakan sebagai bahan pembuatan hidangan khas Asia, termasuk Indonesia. 

Sayuran yang punya aroma khas ini biasanya dimanfaatkan untuk bahan isian lumpia, sayur, tumisan, atau bahan pembuatan kaldu.

Tak cuma nikmat disantap, rebung ternyata juga menyimpan sederet khasiat untuk kesehatan tubuh. 

Sebelum menyimak beberapa manfaat rebung bagi kesehatan, kenali dulu kandungan nutrisi sayuran ini.

Kandungan rebung

Dalam Journal of Functional Foods (2020) disebutkan, rebung kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Asam amino

Dari 17 asam amino yang terkandung dalam rebung, tujuh di antaranya termasuk asam amino esensial. Jenis asam amino esensial dalam rebung antara lain lysine, serine, methionine, histidine, isoleucine, leucine, dan phenylalanine.

2. Vitamin

Rebung juga banyak mengandung vitamin C dan vitamin E yang penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika dilihat dari komposisinya, kandungan vitamin C dalam rebung lebih banyak dibanding vitamin E, yakni 1,7-7,3 mg dan 0,22-0,91 mg.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm