Petugas PDKB PLN sedang menyiapkan jaringan TM 20kV untuk pengoperasian ACOS di penyulang jalur komplek perkantoran Provinsi  Kep. Bangka Belitung tanpa padam
Petugas PDKB PLN sedang menyiapkan jaringan TM 20kV untuk pengoperasian ACOS di penyulang jalur komplek perkantoran Provinsi Kep. Bangka Belitung tanpa padam ( Humas PLN Babel)

Perkuat Keandalan Suplay Jalur VIP, PLN Babel Pasang Alat Manuver Penyulang Otomatis

31 Januari 2024 16:54 WIB

SONORABANGKA.ID - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (PLN Babel) perkuat Sistem Distribusi Jaringan Tegangan Menengah (TM) 20 kV untuk jalur yang mensuplay listrik ke komplek perkantoran Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang merupakan pelanggan VIP (Very Important Person) di Pangkalpinang.

Selama ini kendali operasi sistem Tegangan Menengah yang melistriki kawasan tersebut ada Gardu Hubung (GH) Air Itam PLN yang bisa dikontrol jarak jauh melalui Bangka Control Center (BCC) yang terpusat di kawasan PLTU Air Anyir.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bangka, Muhammad Isra menyampaikan GH Air Itam merupakan GH yang terus dilakukan upgrating untuk peralatan didalamnya, salah satunya saat ini dilakukan penambahan peralatan ACOS (Auotomatic Change Over Switch) atau Alat Manuver Jaringan Otomatis.

"ACOS memiliki waktu manuver kurang dari 1 detik secara otomatis, saat ini kawasan komplek perkantoran gubernur disuplay oleh 2 feeder (saluran atau jalur yang mengirimkan listrik dari sumber daya) dari gardu induk yang berbeda. Sehingga apabila terjadi gangguan suplay dari salah satu feeder maka ACOS mampu secara otomatis memanuver ke feeder lainnya sehingga pasokan kelistrikan di kawasan tersebut tetap andal", ungkap Isra.

Selain itu ia menambahkan juga, ACOS juga dilengkapi dengan fitur pemantauan dan manajemen jaringan yang canggih.

"ACOS dapat membantu operator jaringan melakukan pemantauan jaringan jarak jauh sesuai dengan kondisi jaringan secara aktual" kata Isra.

General Manager PLN Babel, Mohammad Munief Budiman menyebutkan perbaikan yang dilakukan dengan penambahan ACOS ini sebagai salah satu bentuk komitmen PLN untuk menjaga Keandalan Sistem Kelistrikan di kawasan ring 1 Babel.

"Pengamanan kelistrikan dikomplek perkantoran Gubernur yang merupakan pusat pemerintahan di Babel ini sangat penting, karena jika terjadi gangguan pasokan listrik dapat mengganggu operasional pemerintahan, termasuk layanan publik, keamanan dan komunikasi", sebut Munief.

Listrik yang andal memastikan layanan-layanan pemerintahan dapat berjalan dengan baik.

"Infrastruktur kelistrikan di kawasan perkantoran pemerintahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung harus dirancang dengan baik, dengan perangkat cadangan dan sistem yang memadai. PLN berkomitmen terus meningkatkan keandalan listrik di Babel ini, tidak hanya pada layanan prioritas, namun layanan kelistrikan bagi seluruh pelanggan PLN di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini". tutup Munief.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm