Wamendag Jerry Sambuaga menyampaikan Tri Karsa Transformasi Perdagangan dalam penutupan Rapat Kerja (Raker) Kemendag 2024.
Wamendag Jerry Sambuaga menyampaikan Tri Karsa Transformasi Perdagangan dalam penutupan Rapat Kerja (Raker) Kemendag 2024. ( Dok. Kemendag RI)

Wamendag Jerry: Tri Karsa Transformasi Perdagangan Diharapkan Mentransformasi Ekonomi Indonesia

22 Februari 2024 20:09 WIB

SonoraBangka.ID - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan, Tri Karsa Transformasi Perdagangan merupakan buah pemikiran bersama dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan luar negeri.

"Tri Karsa Transformasi Perdagangan diharapkan dapat mentransformasi ekonomi Indonesia. Ini meliputi transformasi struktural, integrasi kewilayahan, penerapan tata kelola perdagangan yang baik, dan peningkatan sumber daya manusia (SDM)," ujar Jerry melalui kemendag.go.id, Kamis (22/2/2024).

Pernyataan itu diungkapkan Jerry saat penutupan Rapat Kerja (Raker) Kementerian Perdagangan (Kemendag) 2024 yang bertemakan "Ekspansi Perdagangan sebagai Kunci Pertumbuhan Ekonomi Nusantara yang Inklusif dan Berkelanjutan" di Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (21/2/2024).

"Raker Kemendag 2024 merupakan upaya kami bersama guna menghasilkan program kerja strategis dalam melanjutkan pembangunan perdagangan yang inklusif dan berkelanjutan pada 2025," ujar Jerry.

Ia mengatakan, perlu adanya dorongan dari Kemendag untuk melakukan transformasi struktural dengan mengedepankan transformasi struktur konsumsi berbasis penguatan pasar dalam negeri

Jerry menilai, Kemendag perlu melakukan transformasi struktural dengan mengedepankan transformasi struktur konsumsi berbasis penguatan pasar dalam negeri. Kemendag juga perlu mendorong integrasi kewilayahan lewat penguatan fondasi pertumbuhan ekonomi daerah melalui perdagangan antarwilayah.

"Kemudian, menguatkan rantai pasok dan logistik nasional, serta melakukan transformasi sistem perlindungan dan pemberdayaan konsumen. Untuk mendukung langkah-langkah itu, perlu penguatan regulasi dan penciptaan iklim perdagangan yang kondusif," ujarnya.

Berkaitan dengan perdagangan luar negeri, dia menyebut, ekspor Indonesia harus beralih dari komoditas mentah yang bernilai tambah rendah menuju produk ekspor berbasis manufaktur berteknologi tinggi dan menengah.

Baginya, perubahan ini harus didukung oleh kebijakan penguatan diplomasi perdagangan untuk meningkatkan daya saing dan kebijakan hilirisasi yang berfokus pada pasar dan produk potensial.

Tak hanya itu, Jerry juga mengatakan, pengembangan sektor perdagangan ke arah yang lebih baik merupakan syarat tersedianya SDM di bidang perdagangan yang profesional dan berdaya saing.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm