Tambah MPP PLTG 1 X 25 MW Air Anyir, PLN Perkuat Pasokan Listrik di Pulau Bangka
Tambah MPP PLTG 1 X 25 MW Air Anyir, PLN Perkuat Pasokan Listrik di Pulau Bangka ( Humas PLN)

Tambah MPP PLTG 1 X 25 MW Air Anyir, PLN Perkuat Pasokan Listrik di Pulau Bangka

6 Maret 2024 18:48 WIB

SONORABANGKA.ID - PLN UIW Babel berhasil mengoperasikan Mesin Pembangkit PLTG 1 x 25 MW pada hari Senin (04/03/2024).

Diketahui bahwa pembangkit ini merupakan tambahan dari jumlah pembangkit yang ada saat ini menopang sistem kelistrikan di Pulau Bangka.

Pembangkit 4 (TM4) yang mempunyai teknologi canggih serupa dengan teknologi pada mesin jet pesawat terbang ini didatangkan dari Balai Pungut, Duri Kepulauan Riau.

Seperti namanya, Mobile Power Plant jenis TM2500+ memiliki keunggulan dalam fleksibilitas instalasinya hingga efisiensi dan dukungannya dalam mengurangi emisi karbon.

Sejak kedatangannya di pelabuhan Pangkal Balam, Kota Pangkalpinang pada tanggal 18 Februari 2024, PLN gerak cepat langsung menginstal TM 4 di komplek pembangkit air anyir yang sebelumnya sudah disiapkan dudukan mesin dan asesorisnya.

Pengerjaannya sendiri dilakukan selama 17 hari yang dilakukan secara shifting dan continued.

Dijadwalkan akan beroperasi pada tanggal 10 Maret 2024, PLN berhasil mempercepat instalasi dan sinkronisasi dengan sistem kelistrikan Bangka sehingga dapat beroperasi pada Senin, 04 Maret 2024 pukul 18.22 WIB.

Manager PLN Group, PLN Batam, Arif Budiman mengatakan, “Dengan masuknya TM 4 ke sistem kelistrikan Pulau Bangka maka akan menambah daya mampu pembangkit di Pulau Bangka yang semula 194,45 MW menjadi 219,45 MW”.

Turut hadir selama proses sinkronisasi sistem, Senior Manager Teknik PLN Babel, Dicky Hiwardi menyampaikan, “Penambahan pembangkit ini adalah upaya kami untuk dapat menyediakan pasokan listrik kepada masyarakat dalam jumlah yang cukup dan handal.

InsyaAllah dengan daya mampu pembangkit di sistem Bangka saat ini, cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik di Babel khususnya pada waktu beban puncak.

Kita semua berharap baik dari sistem Bangka maupun sistem Sumatera tidak ada kendala apapun sehingga semua pelanggan PLN dapat menikmati listrik dengan aman dan nyaman,” sebut Dicky ketika ditanyakan saat turun langsung pada proses synchronisation TM 4 di komplek pembangkit Air Anyir.

General Manager PLN Babel, Mohammad Munief Budiman menyebutkan, “Penambahan pembangkit MPP ini memang sudah lama PLN rencanakan untuk memperkuat sistem kelistrikan Pulau Bangka dan bagian dari strategi PLN Babel untuk terus menggiatkan industri dan perekonomian yang pada akhirnya akan mensejahterakan masyarakat Babel.”

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm