Ilustrasi daging ikan salmon. ()
Ilustrasi daging ikan salmon. () ( kompas.com)

6 Jenis Ikan yang Bermanfaat untuk Otak, Bantu Cegah Penuaan Otak

10 Maret 2024 20:13 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Konsumsi ikan dinilai dapat meningkatkan kekuatan dan kecerdasan otak, baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Manfaat ikan ini berkaitan dengan kandungan asam lemak omega 3 yang sangat penting untuk fungsi dan perkembangan otak normal di semua tahap kehidupan.

Dilansir dari Healthline, dua jenis omega 3, asam eikosapentanoat (EPA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA) memiliki peran penting dalam perkembangan otak bayi.

Beberapa penelitian juga telah menghubungkan asupan ikan atau minyak ikan oleh ibu hamil dengan skor tes kecerdasan dan fungsi otak yang lebih tinggi pada anak usia dini.

Asam lemak sehat tersebut juga berperan dalam menjaga fungsi otak tetap normal sepanjang hidup.

Pada orang dewasa, kadar DHA lebih rendah dalam darah dikaitkan dengan ukuran otak lebih kecil, yang merupakan tanda percepatan penuaan otak.

Oleh karena itu, penting untuk mencukupi kebutuhan asam lemak omega 3 guna menghindari beberapa efek buruk pada fungsi dan perkembangan otak.

Lantas, apa saja ikan kaya omega 3 yang bermanfaat untuk otak?

Ikan bermanfaat untuk otak

Jenis ikan yang kaya omega 3 adalah ikan berlemak, yang mengandung asam lemak sehat hampir di seluruh jaringan tubuh dan rongga perutnya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm