Ilustrasi
Ilustrasi ( Image by Freepik)

Penerapan ERP Dalam Transformasi Digital Untuk Bisnis

19 Maret 2024 09:06 WIB

SONORABANGKA.ID - ERP adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning sebagai seluruh proses bisnis penting yang dibutuhkan dalam menjalankan suatu perusahaan.

Penerapan ERP termasuk proses perubahan cara kerja pada suatu perusahaan.

Penerapannya juga tidak sekedar mengganti maupun melakukan upgrade teknologi, namun juga perubahan agenda organizational change management

Hal ini memungkinkan adanya transformasi proses bisnis secara menual ke otomatisasi. Saat proses tersebut berlangsung, ada beberapa tahapan perubahan organisasi yang dilakukan.

Nah, di bawah ini merupakan beberapa tahapan-tahapan penerapan sistem ERP dalam transformasi digital bisnis perusahaan. 

Implementasi ERP untuk Perubahan Bisnis Perusahaan 

Tahapan-tahapan penerapan ERP pada transformasi digital untuk bisnis perusahaan adalah:

Sense of Urgency 

Umumnya banyak karyawan maupun bagian manajemen yang menyadari perusahaan perlu melakukan perubahan untuk menjamin kelangsungan bisnisnya. Kegelisahan tersebut adalah hal penting dan menjadi tanda jika karyawan peduli kepada perusahaan. Nah, kepedulian tersebut harus dibagikan ke semua pihak agar bisa didiskusikan secara konstruktif untuk mendapatkan jawaban. 

Mencari dan Memantapkan Dukungan 

Setelah melakukan diskusi, perusahaan akan melihat siapa saja yang dapat mendukung ide maupun pemikiran tersebut, siapa yang memiliki pandangan berbeda dan juga siapa saja yang tidak peduli. Pada tahapan ini, perusahaan harus mengumpulkan dukungan yang banyak, khususnya dukungan dari pihak manajemen hingga direksi 

Pihak manajemen yang mendukung ide perubahan tersebut akan memikirkan apakah idenya memberikan dampak baik ke perusahaan atau tidak. Di tahapan ini, implementasi ERP dimanfaatkan untuk teknologi pendukung dari agenda perubahan. 

Menentukan Komitmen pada Agenda Perubahan 

Tahapan implementasi yang tidak kalah penting dari ERP adalah menentukan komitmen pada agenda perubahan. Di tahapan ini, apabila semuanya sudah sepakat dengan strategi perubahan serta tujuan yang ingin dicapai, maka bersama-sama akan menyepakati agenda perubahan tersebut. Pada tahapan ini biasanya kerap dilakukan tanpa harus melewati tahapan sebelumnya, yaitu perusahaan mengeluarkan kebijakan melakukan perubahan, termasuk penerapan ERP. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm