Ilustrasi laptop dengan prosesor Intel Core Ultra 7.
Ilustrasi laptop dengan prosesor Intel Core Ultra 7. ( TheVerge)

Pemerintah AS Hibahkan Dana Rp 313 Triliun ke Intel

26 Maret 2024 08:11 WIB

SonoraBangka.ID - Pemerintah Amerika Serikat menggelontorkan dana nyaris 20 miliar dollar Amerika Serikat (sekitar Rp 313 triliun) kepada perusahaan semikonduktor Intel.

"Hadiah" itu diberikan Presiden AS Joe Biden dalam bentuk dana hibah dan pinjaman untuk mensubsidi produksi chip canggih bikinan Intel.

Rinciannya, dana segar yang digelontorkan pemerintah AS adalah sebesar 8,5 miliar dollar AS (Rp 133 triliun) serta pinjaman yang diberikan sampai 11 miliar dollar AS (Rp 172 triliun).

Sebagian besar dari dana itu ditujukan untuk Intel di Arizona. Pasalnya, di lokasi tersebut akan dibangun dua pabrik baru. Pabrik yang sudah ada di Arizona sebelumnya juga akan dimodernisasi.

Selain Arizona, dana itu juga akan dipakai Intel untuk menandai proyek perusahaan di Ohio, New Mexico dan Oregon.

Menurut Biden, pandemi telah menyebabkan kekurangan semikonduktor hingga mendesak pabrik-pabrik untuk tutup serta membuat harga jadi melambung. Oleh karena itu Biden bertekad investasi di bidang tersebut.

"Kami akan memungkinkan manufaktur semikonduktor canggih untuk kembali hadir di Amerika setelah 40 tahun," kata Biden, dikutip dari Reuters, Minggu (24/3/2024).

Dengan investasi itu, Menteri Perdagangan AS, Gina Raimondo memproyeksikan peningkatan pangsa produksi chip AS dari 0 persen menjadi 20 persen pada tahun 2030.

Selain investasi dalam bentuk hibah dan pinjaman, Intel juga ditaksir akan menerima dana sebesar 3,5 miliar dollar AS (Rp 54 triliun) dari Departemen Perdagangan AS.

Dana tersebut konon ditujukan untuk meningkatkan keamanan pabrik Intel di Arizona. Sebab, fasilitas ini juga dipakai untuk memproduksi chip penting yang ditujukan untuk kepentingan militer.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm