Pengertian dan manfaat karbohidrat.(iStockphoto/bit245)
Pengertian dan manfaat karbohidrat.(iStockphoto/bit245) ( KOMPAS.COM)

Apa Itu Karbohidrat? Berikut Untuk Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

28 Maret 2024 21:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Karbohidrat merupakan salah satu sumber kalori utama bagi tubuh Anda dan juga memberikan sejumlah nutrisi penting.

Selama disediakan dalam porsi yang pas, makanan berkarbohidrat bisa menjadi bagian dari rencana pola makan sehat.

Secara umum, seseorang dianjurkan mengonsumsi antara 45-65 persen total kalorinya dalam bentuk karbohidrat per hari.

Tapi kebutuhan karbohidrat juga bergantung pada sejumlah faktor, misalnya ukuran tubuh, tingkat aktivitas, dan pengendalian gula darah.

Apa itu karbohidrat?

Karbohidrat adalah molekul gula, salah satu dari tiga nutrisi utama yang ditemukan dalam makanan dan minuman selain protein dan lemak, menurut Medical News Today.

Tubuh memecah karbohidrat menjadi glukosa atau gula darah yang kemudian menjadi sumber energi utama bagi sel, jaringan, dan organ tubuh.

Setiap gram karbohidrat menyediakan 4 kalori, ini sama seperti yang disediakan oleh protein, sedangkan lemak menyediakan 9 kalori per gram.

Karbohidrat terutama ditemukan dalam makanan nabati dan juga terdapat pada produk susu dalam bentuk gula susu yang disebut laktosa.

Karbohidrat memainkan beberapa peran dalam organisme hidup, termasuk menyediakan energi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm