Ilustrasi ikan teri.(Shutterstock/Enfoca y dispara)
Ilustrasi ikan teri.(Shutterstock/Enfoca y dispara) ( KOMPAS.COM)

Bukan Salmon, Berikut 4 Ikan Paling Sehat untuk Dimakan

30 Maret 2024 20:07 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Selama ini, salmon dianggap sebagai ikan paling bernutrisi yang menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan.

Tapi, para ahli menemukan, salmon mungkin bukan ikan paling sehat seperti yang diperkirakan sebelumnya.

Temuan tersebut tertuang dalam studi di jurnal Nature Food oleh para peneliti University of Cambridge dan Lancaster University di Inggris serta University of Stirling dan University of Aberdeen di Skotlandia.

Penulis studi dan pakar di Departemen Zoologi University of Cambridge David Willer mengungkapkan, budidaya salmon menyebabkan hilangnya enam dari sembilan nutrisi penting bagi tubuh, yakni kalsium, yodium, zat besi, omega 3, vitamin B12, dan vitamin A.

Dibandingkan salmon, menurutnya, ikan liar yang diumpankan ke salmon justru perlu dikonsumsi untuk mendapatkan khasiat lebih besar.

"Apa yang kami lihat adalah sebagian besar spesies ikan liar yang digunakan sebagai pakan memiliki kepadatan dan mikronutrien yang sama atau lebih besar dibandingkan filet salmon budidaya," ujar David, dikutip dari Newsweek.

Ikan lebih sehat dari salmon

David mengatakan, ikan liar yang menjadi pakan salmon mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia, antara lain kalsium, omega 3, dan vitamin B12.

"Masyarakat harus mempertimbangkan untuk mengonsumsi spesies ikan liar yang lebih banyak dan lebih beragam, seperti sarden, makerel, dan ikan teri, untuk mendapatkan lebih banyak nutrisi penting langsung," tutur David.

Menurutnya, ikan liar yang menjadi pakan salmon mengandung kalsium lebih tinggi daripada ikan salmon.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm