Ilustrasi(Thinkstockphotos)
Ilustrasi(Thinkstockphotos) ( kompas.com)

Aturan Berbusana Untuk Pria yang Boleh Dilanggar bila Paham Caranya

13 April 2024 16:53 WIB

Merupakan Ada berbagai aturan berbusana yang bertujuan agar kita bisa tampil lebih serasi dan menarik. Aturan ini terdiri dari berbagai hal, misalnya potongan busana, warna, serta jenis-jenis pakaian dan aksesori yang bisa dipadupadankan dengan apik.

Namun, sebenarnya ada aturan gaya yang bisa kita langgar agar terlihat lebih baik, asal kita tahu caranya. Seperti yang dikatakan Pablo Picasso, “Pelajari peraturan seperti seorang profesional sehingga kita dapat melanggarnya seperti seorang seniman.”

Aturan apa sajakah itu?

Aturan berbusana yang boleh dilanggar

1. Menyesuaikan warna aksesori logam dan kulit

Aturan ini dibuat untuk menetapkan standar bagi pemula. Secara teori, cara ini bagus, tapi pada kenyataannya orang sering memakai berbagai jeni logam di tubuhnya, seperti cincin kawin, cincin perhiasan dengan batu mulia, penjepit dasi, jam tangan, gelang, gesper ikat pinggang, dan lainnya.

Menurut aturan, kita disarankan untuk memakai warna logam yang sama, apakah semuanya perak atau emas. Namun, bagaimana jika warna cincin dan jam tangan kita berbeda misalnya?

Hal yang sama juga berlaku untuk aksesori kulit, apakah ikat pinggang dan sepatu harus memiliki warna sama?

Sebenarnya melanggar aturan ini memungkinkan kita memasukkan lebih banyak aksesori ke dalam busana. Namun, sama seperti mengenakan celana dan jaket jeans, kontrasnya harus berani. Hal ini penting karena logam atau kulit yang warnanya mirip tapi tidak sama, justru membuat kita terlihat seolah tidak tahu cara mencocokkannya.

Jadi pilihanya adalah mencocokkan semuanya dengan warna yang sama, atau sekalian saja menampilkan kontras yang tinggi, sekaligus mengumumkan kepada dunia – ya, saya tahu aturannya, tapi saya memilih untuk melanggarnya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm