Ilustrasi telur ikan. Efek samping dan manfaat telur ikan.(daffodilred)
Ilustrasi telur ikan. Efek samping dan manfaat telur ikan.(daffodilred) ( KOMPAS.COM)

Meski Tinggi Kolesterol, Ini Untuk Manfaat Telur Ikan yang Jarang Diketahui

14 Mei 2024 16:14 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Telur ikan tinggi kolesterol, tetapi juga kaya akan asam lemak omega 3 yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Nutrisi dan manfaat bahan pangan ini sangat beragam, tergantung jenis telur ikan yang dikonsumsi.

Di Indonesia, masyarakat biasanya mengonsumsi telur ikan belanak yang berbentuk gumpalan padat seukuran jari telunjuk.

Telur dari jenis ikan Moolgarda seheli ini sering kali diolah menjadi pepes dengan racikan bumbu dan rempah penggugah selera.

Sayangnya, baik telur belanak maupun ikan lain, makanan dari bahan pangan ini sering diolah dengan tambahan garam, sehingga cenderung natrium.

Lantas, bagaimana efek samping dan manfaat telur ikan?

Efek samping makan telur ikan

Dikutip dari laman Verywell Fit, satu sendok telur ikan mentah dengan bobot 16 gram secara umum menyimpan 42 kalori, 3 gram lemak, 0,6 karbohidrat, dan 4 gram protein.

Seperti makanan laut lainnya, meski belum diolah, telur ikan cenderung tinggi natrium, sekitar 240 miligram per sendoknya.

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram olahan telur belanak menawarkan 358 kalori dengan 20,7 gram protein, 26,4 gram lemak, dan 9,4 gram karbohidrat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm