Berapa lama jalan kaki untuk menurunkan kolesterol?(Shutterstock/PeopleImages.com - Yuri A)
Berapa lama jalan kaki untuk menurunkan kolesterol?(Shutterstock/PeopleImages.com - Yuri A) ( KOMPAS.COM)

Berapa Lama Jalan Kaki untuk Ampuh Turunkan Kolesterol?

14 Mei 2024 19:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Jalan kaki terbukti secara ilmiah bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah menurunkan kolesterol jahat di dalam darah.

Profesor emeritus di Fakultas Kedokteran Universitas Colorado di Aurora, Amerika Serikat, Robert H. Eckel, MD mengatakan, olahraga yang dilakukan secara teratur dapat menghilangkan lemak.

Sehingga olahraga termasuk jalan kaki ampuh menurunkan berat badan dan pada gilirannya akan menurunkan tingkat kolesterol.

Dikutip dari Everyday Health, Eckel menyarankan olahraga jenis aerobik ringan, seperti jalan kaki.

Lantas, berapa lama jalan kaki untuk menurunkan kolesterol?

Jalan kaki untuk menurunkan kolesterol

Pelatih Stride Fitness di Lubbock di Texas, Amerika, Paizley Longino menerangkan, jalan kaki akan menstimulasi enzim-enzim tertentu dalam tubuh yang diperlukan untuk memindahkan kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) dalam darah.

LDL tersebut kemudian akan diubah menjadi empedu untuk membantu pencernaan atau dikeluarkan dari tubuh.

Jalan kaki juga akan meningkatkan kadar kolesterol baik atau high-density-lipoprotein (HDL) dalam tubuh.

Olahraga ini juga meningkatkan pembentukan pembuluh darah kolateral sehingga meningkatkan sirkulasi ke otak dan jantung.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm