Ilustrasi plank(shutterstock)
Ilustrasi plank(shutterstock) ( KOMPAS.COM)

7 Untuk Manfaat Tak Terduga dari Latihan Plank

15 Mei 2024 19:16 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sekilas, melakukan plank mungkin tidak terlihat sulit. Apa hebatnya menahan tubuh tanpa bergerak? Ternyata, di balik kesederhanaannya, posisi plank mempunyai beberapa manfaat yang serius. Latihan plank menantang seluruh tubuh dan memberi hasil maksimal.

Latihan beban tubuh ini sangat baik untuk melatih otot inti, yang sangat penting untuk mobilitas dan menghilangkan rasa sakit. Plank juga bagus untuk menghilangkan rasa sakit, memberi fleksibilitas, keseimbangan, dan banyak lagi. 

Pastikan kamu melakukan plank dengan benar untuk mencegah cedera. Setelah menguasai gerakan dasar, kamu dapat sepenuhnya menikmati manfaat plank yang menakjubkan, seperti berikut ini.

Manfaat latihan plank

1. Plank memperkuat seluruh tubuh

Apakah kamu menyukai gerakan multitasking? Targetkan beberapa otot sekaligus dengan melakukan plank. Sebagai permulaan, plank ini melatih otot bokong dan paha depan kita, menurut Candace Rhodes, pelatih pribadi dan pendiri Rhodes to Strength.

Otot-otot ini berperan penting dalam mendorong kita maju, yang sangat membantu jika kamu seorang pelari. Otot bokong dan paha depan yang kuat juga menstabilkan panggul dan lutut, sehingga membantu kita bergerak dengan nyaman selama berolahraga dan beraktivitas sehari-hari.

Plank juga menargetkan bahu, lengan, dan otot inti, alias penstabil utama tubuh kita, kata Ashley Dean, pelatih pribadi dan pendiri situs pelatihan kebugaran Apartemen 3R. 

“Saat melakukan plank, tulang belakang kita berada dalam posisi netral,” jelasnya. Hal ini memaksa otot inti untuk terlibat dan memberikan stabilitas, yang pada akhirnya membuatnya lebih kuat.

2. Plank memperbaiki postur tubuh

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.