Ilustrasi ikan segar.(Dok. Unsplash/Samuel C.)
Ilustrasi ikan segar.(Dok. Unsplash/Samuel C.) ( KOMPAS.COM)

Dianjurkan 2 Kali Seminggu, Apa Efek kalau Tidak Pernah Makan Ikan?

13 Juni 2024 20:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Setiap orang umumnya dianjurkan mengonsumsi paling tidak dua porsi ikan yang tidak digoreng dengan bobot 3,5 ons dalam seminggu.

Anjuran dari American Heart Association (AHA) tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Sayangnya, rekomendasi yang diberikan lebih banyak dari rata-rata asupan ikan oleh masyarakat.

Misalnya, di Amerika Serikat, survei pada 2012 menemukan bahwa rata-rata asupan makanan laut masyarakat hanya 1,3 porsi per minggu.

Sementara, berdasarkan data Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bali, total konsumsi ikan di daerah ini sebesar 30,58 kilogram kapita per tahun pada 2013, atau sekitar 83,78 gram kapita per hari.

Jumlah tersebut terbilang masih lebih rendah dari yang dianjurkan pemerintah Indonesia, yakni 33,14 kilogram kapita per tahun atau 90,79 gram kapita per hari untuk semua penduduk.

Lantas, apa efek jika tidak pernah makan ikan?

Efek tidak pernah makan ikan

Ikan adalah bahan pangan hewani dengan kandungan protein, vitamin D, dan asam lemak omega 3 yang melimpah.

Kementerian Kesehatan mencatat, omega 3 dalam ikan bermanfaat mengurangi risiko gangguan jantung dan pembuluh darah, seperti gangguan irama jantung, tekanan darah tinggi, serta kadar kolesterol tinggi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm