Sejarah Idul Adha, alasan mengapa disebut Hari Raya Kurban dan Lebaran Haji. Anggota DPR RI Dedi Mulyadi saat menangis melepas sapi-sapinya untuk dipotong pada momen Hari Raya Idul Adha 2022.(Dok Dedi Mulyadi)
Sejarah Idul Adha, alasan mengapa disebut Hari Raya Kurban dan Lebaran Haji. Anggota DPR RI Dedi Mulyadi saat menangis melepas sapi-sapinya untuk dipotong pada momen Hari Raya Idul Adha 2022.(Dok Dedi Mulyadi) ( KOMPAS.COM)

Sejarah Idul Adha, Mengapa Disebut Sebagai Hari Raya Kurban dan Lebaran Haji?

17 Juni 2024 19:00 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Idul Adha setiap 10 Zulhijah dalam kalender Hijriah sering kali disebut sebagai Hari Raya Kurban dan Lebaran Haji.

Istilah Hari Raya Kurban identik dengan tradisi menyembelih hewan kurban oleh umat Islam yang mampu untuk kemudian dibagi-bagikan kepada masyarakat sekitar.

Hewan kurban yang disembelih untuk ibadah kurban pun beragam, mulai dari sapi, kambing, domba, kerbau, maupun unta.

Sementara itu, Hari Raya atau Lebaran Haji berkenaan dengan pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci.

Lantas, bagaimana sejarahnya?

Sejarah Idul Adha

Dilansir dari laman Kementerian Agama, Idul Adha terdiri dari dua kata yang berasal dari bahasa Arab.

Kata idul atau id diambil dari 'ada-ya'udu yang memiliki arti "kembali". Sementara, adha merupakan jamak dari kata adhat atau udhiyah, yang bermakna "kurban".

Dengan demikian, Idul Adha dapat diartikan sebagai kembali berkurban atau hari raya penyembelihan hewan kurban.

Perintah berkurban bagi umat Islam bermula dari kisah pengorbanan Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail, dalam menjalankan perintah Allah SWT.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm