Mesin Daihatsu Xenia(ADM)
Mesin Daihatsu Xenia(ADM) ( KOMPAS.COM)

6 untuk Komponen di Mobil yang Wajib Dicek Berkala meski Aktivitas Padat

22 Juni 2024 21:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Imbas kesibukan harian yang padat kadang tak hanya membuat pemilik mobil sempat melakukan perawatan berkala ke bengkel, bahkan untuk mengecek kendaraan secara pribadi pun kerap terlewat.

Namun demikian, untuk menjaga mobil tetap dalam kondisi prima saat digunakan beraktivitas, ada baiknya pemilik menyisihkan waktu melakukan pengecekan beberapa sektor yang penting.

Dari keterangan resmi PT Astra Daihatsu Motor (ADM), setidaknya ada enam komponen yang wajib dicek kondisinya agar mobil tetap aman dan nyaman selama digunakan, yakni:

1. Periksa rutin ketinggian air radiator coolant di tangki cadangan. Kalau kurang, tambahkan dengan air radiator coolant untuk mencegah mesin overheat.

2. Periksa ketinggian oli mesin di antara batas minimum dan maksimum dengan stik cek oli. Penting diketahui, kekurangan oli dapat mengakibatkan kerusakan mesin.

3. Penggunaan air wiper saat menjalankan fungsi wiper sangat penting agar dapat menjaga visibilitas dan tidak merusak kaca.

Pastikan air di tangki wiper dalam kondisi terisi penuh yang dapat dilihat dari bagian tangki di dalam kap mesin.

4. Kendaraan yang menggunakan power steering hidrolik bisa melakukan pengecekan minyak power steering dengan melihat batas minimum dan maksimum yang ada pada tangki penampungannya.

"Sebelum mematikan mesin, pastikan juga roda depan tetap dalam keadaan lurus agar kinerja power steering tetap baik. Gunakan minyak power steering sesuai spesifikasi yang direkomendasikan," tulis tim teknisi Daihatsu dalam keterangan resminya, Jumat (21/6/2024).

5. Agar pengereman optimal, pastikan ketinggian minyak rem berada pada batas maksimum dan gunakan minyak rem yang telah direkomendasikan.

Bila kurang sampai batas minimum dan lampu indikator rem menyala, segera hubungi bengkel resmi terdekat.

6. Khusus pengguna aki basah, wajib mengisi air aki secara berkala agar fungsinya tetap optimal. Pastikan dengan cara melihat ketinggian cairan pada seluruh sel selalu berada antara lower level dan upper level.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Komponen di Mobil yang Wajib Dicek Berkala meski Aktivitas Padat", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/06/22/100200415/6-komponen-di-mobil-yang-wajib-dicek-berkala-meski-aktivitas-padat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm